home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali Gejala Hingga Bahaya Radang Kornea yang Diderita Eunha GFRIEND

Rabu, 11 November 2020 13:50 by RizkiSetiawaan | 1166 hits
Kenali Gejala Hingga Bahaya Radang Kornea yang Diderita Eunha GFRIEND
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Eunha GFRIEND dinyatakan hiatus karena didiagnosa mengalami gangguan kesehatan pada mata, yakni radang kornea. Lantas, bagaimana sebenarnya penyakit tersebut serta gejala dan penanganannya?

Nama lain dari peradangan kornea adalah keratitis, keratitis adalah peradangan pada kornea mata. Kornea sendiri adalah bagian lapisan yang jernih dan memiliki bentuk seperti kubah yang terletak di bagian depan mata (di depan bagian kecoklatan mata), perannya sangat penting untuk penglihatan.

Melansir Alodokter, keratitis ini dapat terjadi akibat infeksi kuman ataupun nonifeksi, seperti mata kering, trauma, toksisitas obat, iritasi lensa kontak, dan alergi. Adapun peradangan kornea mata yang disebabkan karena bakteri seperti streptokokus, pseudomonas, enterobacter, klebsiella, proteus, stafilokokus.

Baca juga: Klaim Virus Corona Bisa Menular Lewat Mata, Berikut Penjelasannya

Serta virus, contohnya herpes simpleks dan herpes zoster. Atau jamur candida albicans, fusarium, aspergillus, dan parasit. Bisa juga dipicu karena pemakaian kontak lensa yang tidak bersih atau terlalu lama, dibarengi dengan daya tahan tubuh yang menurun, atau penggunaan obat tetes mata yang mengandung steroid.

Gejala awal keratis adalah mata memerah. Kemudian disertai dengan gejala lainnya seperti nyeri, bengkak, iritasi, sensitif terhadap cahaya, mengeluarkan air mata atau kotoran mata terus menerus, hingga tidak bisa membuka mata.

Pengobatannya pun berbeda-beda tergantung tingkat keparahannya. Jika disebabkan oleh infeksi akan ada tiga jenis obat yang diberikan yakni obat antivirus, antibiotik, dan antijamur. Penanganannya tidak boleh sembarangan, karena radang kornea parahnya bisa menyebabkan kehilangan penglihatan sementara hingga kebutaan.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)