home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Faktor Luar Dalam yang Bikin Rambut Nggak Gampang Rontok

Kamis, 19 November 2020 06:30 by SartikaF | 1409 hits
Faktor Luar Dalam yang Bikin Rambut Nggak Gampang Rontok
Image Source: Naver

DREAMERS.ID - Rambut adalah mahkota bagi perempuan dan juga banyak pria. Menjaga rambut akan sangat membutuhkan perhatian dan perawatan guna kerontokan, yang bisa mengakibatkan terjadinya kebotakan.

Melansir dari Liputan 6.com, dr. Shella Pratiwi, Dipl. AAAM selaku Aesthetic Specialist mengatakan bahwa ciri rambut sehat adalah kuat, tidak mudah patah, dan rontok karena ternutrisi dengan baik, serta kelembapannya terjaga.

Sheila juga mengatakan, rambut adalah bagian yang membutuhkan nutrisi ekstra yang harus diperhatikan pula faktor eksternal dan non eksternal. Seperti ada tidaknya stress yang sedang dialami, mengikat rambut terlalu kencang, hingga memperhatikan nutrisi melalui makanan.

Kolagen juga menjadi salah satu nutrisi ekstra yang penting bagi rambut. "Kolagen adalah jenis protein yang terdiri dari asam amino yang fungsinya sebagai antioksidan yang dapat menjaga kelembapan dan keelastisitasan rambut," lanjutnya.

Perlu diketahui, kolagen sebenarnya telah ada di dalam tubuh, namun kolagen juga bisa didapatkan melalui makanan atau produk perawatan rambut yang mengandung kolagen.

Lantas seperti apa saja faktor dari rontoknya rambut? Stres, kondisi udara, sinar matagari, polusi, debu, rangsangan mekanik atau kimia seperti penggunaan alat styling yang bisa menjadi penyebab kerontokan.

Faktor internal yang sering dialami seperti stres, tekanan psikososial, kondisi hormonal atau penyakit tertentu, serta asupan nutrisi yang kurang juga akan membuat tubuh mengeluarkan hormon kortisol.

"Hormon kortisol inilah yang akhirnya berperan pada folikel rambut, menyebabkan terjadinya kerontokan. Namun rambut yang rontok bisa tergantikan kembali dengan pertumbuhan rambut baru tapi kondisi stres menghambat proses pertumbuhan rambut yang baru akhirnya rambut berada di fase istirahat yang dinamakan telogen effluvium," ungkap Sheila.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)