home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sosok Pasutri Berdarah Turki Penemu Vaksin Covid-19

Jumat, 13 November 2020 17:50 by RandyW | 432 hits
Sosok Pasutri Berdarah Turki Penemu Vaksin Covid-19
Image Source: Milliyet

DREAMERS.ID - Sepasang suami istri turunan Turki bernama Ugur Sahin dan Oezlem Teruci, merupakan petinggi perusahaan farmasi Jerman BioNTech, yang membuat vaksin covid-19.

BioNTech dan Pfizer adalah perusahaan yang memproduksi Vaksin Covid-19. Ugur Sahin merupakan Chief Executive Officer (CEO) perusahaan dan Oezlem Teruci sebagai Chief Medical Officer.

Ugur Sahin dan Oezlem Teruci masuk daftar 100 orang terkaya di Jerman, di mana valuasi BioNTeh mencapai US$21 miliar, yang sahamnya meroket karena hasil awal uji klinis vaksin Covid-19 yang luar biasa.

Melansir dari Sky News, pasutri ini pertama kali bertemu ketika sedang merintis karir sebagai ilmuwan dan kemudian menikah. Pada 2008 silam mereka mendirikan BioNTech. Awal tujuan dibuatnya BioNTech untuk membuat imunoterapi kanker, salah satu terapi memperbaiki sistem imun sehingga mampu melawan sel kanker.

Baca juga: Kasus Baru Diprediksi Capai 170 Ribu, Korsel Luncurkan Vaksin Dosis Keempat COVID-19

Ambisi ini membuat BioNTech dilirik oleh lembaga philantropis milik Bill Gates, pendiri Microsoft. Bill and Melinda Gates Foundation berinvestasi miliar dolar AS pada perusahaan ini.

Lalu di Januari 2020, virus Covid-19 belum masuk ke Jerman, namun pasutri ini sudah memberikan perhatian pada wabah yang kemudian menjangkiti dunia ini.

Ugur Sahin dan Oezlem Teruci kemudian membentuk tim yang terdiri dari 500 orang untuk membuat vaksin Covid-19. Dengan cepat rencana mereka mendapat dukungan dari raksasa farmasi Pfizer dan Fosun dari China, yang belakangan diklaim 90% efektif melawan Covid-19.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)