home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rencana Vaksin Pfizer & Moderna Akan Dibeli Indonesia

Rabu, 02 Desember 2020 12:30 by RandyW | 727 hits
Rencana Vaksin Pfizer & Moderna Akan Dibeli Indonesia
Image Source: TrenAsia

DREAMERS.ID - Pemerintah Indonesia masih mempertimbangkan bagaimana cara mendistribusikan Vaksin Pfizer dan Moderna secara merata. Saat ini, hanya tersedia distribusi jalur dingin atau rantai dingin 2-8 derajat celcius di Indonesia.

Mengutip dari CNBC, Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengatakan pemilihan vaksin yang akan digunakan di dalam negeri merupakan keputusan dari Kementerian Kesehatan.

"Tetapi yang perlu menjadi catatan penting distribusi vaksin itu kan menggunakan distribusi jalur dingin atau rantai dingin, nah di Indonesia ini selama bertahun-tahun sudah terbentuk distribusi 2-8 derajat," ujarnya.

"Jadi ya pasti pemerintah akan memilih vaksin yang bisa distribusi 2-8 derajat. Kalau ada kebijakan lain misalnya distribusi vaksin apakah Pfizer, Moderna ya dimungkinkan tetapi harus menghitung risiko distribusi tadi," kata Erick.

Baca juga: Jokowi Angkat Bicara Usai Kisruh Gubernur Ganjar dan Koster Tolak Timnas Israel Di Pildun U-20

Selain itu, Erick menyebutkan bahwa pendistribusian vaksin ini sangat penting dalam menjaga ketahanan vaksin yang akan disuntikan ke manusia sehingga pertimbangannya harus matang.

"Hal-hal itu ya harus makanya menjadi pertimbangan yang kompleks. Tetapi sudah diputuskan program satu data itu berjalan. Vaksin bantuan pemerintah maupun mandiri memakai satu data. karena kan kompleksitasnya vaksin ini disuntik dua kali. Kalau mereknya tiga macam, kan gak boleh salah suntik," jelasnya.

Dalam acara CEO Networking 2020 (CEON 2020) yang disiarkan secara virtual pada 24 November lalu, Luhut mengatakan BioFarma akan bekerja sama dengan Pfizer untuk pengadaan vaksin.

"Kami bicara akhirnya menyangkut masalah vaksin dan Amerika bersedia membantu vaksin. Dan tadi malam kami sudah follow up dengan vidcall dengan Secretary of Health-nya dia Bob dan dengan Wakil Menteri Budi Sadikin dan juga BPOM. Mereka juga untuk membuat Pfizer kerjasama dengan PT Bio Farma kita. Jadi Indonesia itu menjadi bagian yang baik," jelas Luhut.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)