home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Selatan dan China Perang 'Kepemilikan' Kimchi

Kamis, 03 Desember 2020 12:10 by RandyW | 420 hits
Korea Selatan dan China Perang 'Kepemilikan' Kimchi
Image Source: Naver

DREAMERS.ID - Kimchi sudah dikenal sebagai makanan khas Korea Selatan, namun baru-baru ini, China dikabarkan telah memenangkan daftar ISO atas Pao Cai, makanan yang mirip Kimchi. Lantas saja perang dingin antara China dan Korea terkait kimchi tak terhindari.

Faktanya, belakangan orang Korea semakin banyak mengonsumsi produk buatan China. Ekspor kimchi Korea terus meningkat, tetapi pada saat yang sama, impor kimchi negeri ginseng dari China juga meningkat.

China dan Korea selatan memiliki makanan yang mirip. Tepat pada pekan lalu badan standar industri global ISO mengumumkan peraturan baru untuk pembuatan pao cai.

Melansir Reuters, perseteruan kimchi bermula saat media China Global Times memaparkan bahwa Beijing memenangkan sertifikasi dari sebuah organisasi global untuk Pao Chai. Media itu menyebut 'standar internasional untuk industri Kimchi yang dipimpin China'.

Sehingga China dinilai berniat mengklaim kimchi sebagai makanan tradisionalnya. Kementerian Pertanian Korea Selatan kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan standar internasional untuk kimchi telah disetujui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2001.

"Tidak tepat untuk melaporkan tanpa membedakan kimchi dari pao cai dari Sichuan di China. Standar kimchi internasional telah disetujui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2001. Daftar ISO 24220 terbaru adalah tentang pao cai, hidangan sayur asin dari Sichuan. Dokumen ISO sudah mengatakan, 'Dokumen ini tidak berlaku untuk kimchi'," tulisnya dalam sebuah pernyataan.

Sebagai informasi, kimchi dan pao cai menggunakan huruf yang sama dalam bahasa China. Pao cai bisa berarti kimchi Korea atau hidangan China pao cai. Bedanya, kimchi akan melalui proses fermentasi dua kali. Sedangkan pao cai hanya satu kali.

 

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)