home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Minum Madu yang Tepat Agar Manfaatnya Maksimal

Jumat, 04 Desember 2020 15:10 by SartikaF | 9570 hits
Tips Minum Madu yang Tepat Agar Manfaatnya Maksimal
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Madu merupakan zat manis yang telah dihasilkan lebah dari sari tanaman berbunga. Punya berbagai manfaat kesehatan, ternyata ada cara tertentu agar bisa memaksimalkan manfaat madu ketika dikonsumsi.

Melansir laman Medical News Today, satu sendok makan (21 gram) madu biasanya memiliki 64 kalori dan 17 gram karbohidrat dengan sedikit atau tanpa lemak, serat dan protein. Berikut adalah cara minum madu yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Konsumsi madu sebelum tidur

Madu berkualitas tinggi kaya akan beberapa antioksidan penting seperti asam fenolik dan flavonoid yang dapat mendukung kesehatan yang lebih baik. Madu juga dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan siang dan malam.

Minum madu dengan air hangat sebelum tidur dapat membantu meredakan batuk di malam hari. Menambahkan madu dalam teh chamomile hangat juga dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak.

2. Perhatikan dosis

Madu dapat mengatasi berbagai penyakit. Selain itu kandungan vitamin dan mineral pada madu membuat zat ini bisa bantu atasi melemahnya sistem imun. Sebaiknya konsumsi madu minimal satu sendok teh sekali minum dan jumlahnya 2-3 kali sehari.

3. Minum madu setelah makan

Pendakwah dan dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP) dr Zaidul Akbar, menyatakan madu merupakan prebiotik atau enzim, termasuk buah-buahan dan sayuran. Madu juga dapat memerangi infeksi.

Pada tahun 2010, para ilmuwan dari Academic Medical Center di University of Amsterdam melaporkan dalam FASEB Journal bahwa kemampuan madu untuk membunuh bakteri terletak pada protein yang disebut defensin-1.

4. Tidak boleh untuk anak di bawah 1 tahun

Badan Standar Makanan (Food Standards Agency) Amerika Serikat merekomendasikan sebaiknya memberikan madu setelah bayi berusia di atas 1 tahun, karena pada usia tersebut sistem pencernaannya sudah cukup matang untuk tidak membiarkan bakteri tersebut tumbuh di dalam tubuh.

Saat usianya masih di bawah 1 tahun sistem pencernaannya belum matang sehingga rentan terhadap keracunan botulisme dari makanan.

5. Jangan dicampur dengan air panas

Beberapa orang sering kali mencampurkan madu dengan air panas. Hal ini diyakini dapat menjaga kesegaran tubuh dan membantu proses detoksifikasi. Kamu bisa mencampurkan madu dengan air hangat maksimal dengan suhu 60 derajat celcius. Lebih dari itu, suhu panas dapat merusak komposisi nutrisi pada madu.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)