home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Musisi Produktif, Ini Sederet Perilisan Lagu BTS Sepanjang Tahun 2020

Selasa, 29 Desember 2020 12:20 by fzhchyn | 470 hits
Musisi Produktif, Ini Sederet Perilisan Lagu BTS Sepanjang Tahun 2020
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - BTS menjadi salah satu musisi paling produktif tahun ini dengan merilis banyak karya. Setiap bulannya, pasti ada perilisan yang datang dari grup beranggotakan tujuh member ini, mulai dari album, proyek kolaborasi, hingga lagu solo. Yuk intip lagu apa saja yang dirilis BTS sepanjang tahun 2020 ini!

Album

Selama tahun 2020, BTS telah merilis tiga album, yaitu full album ‘Map of the Soul: 7’ pada 21 Februari, album Jepang ‘Map of the Soul: 7 ~The Journey~’ pada 14 Juli, dan mini album ‘BE’ pada 20 November.

‘Map of the Soul: 7’ berisi 20 track dengan lagu utama ‘ON’ dan single pra-rilis ‘Black Swan’. Sementara ‘Map of the Soul: 7 ~The Journey~’ memiliki 13 track dengan beberapa lagu BTS sebelumnya yang dirilis kembali dalam versi Jepang serta lagu original seperti ‘Stay Gold’ dan ‘Your Eyes Tell’. Terakhir adalah ‘BE’ yang berisi delapan track dengan lagu utama ‘Life Goes On’.

Single

BTS untuk pertama kalinya merilis single berbahasa Inggris ‘Dynamite’ pada 21 Agustus yang telah memecahkan banyak rekor. Lagu ini dirilis sebagai hiburan dan pelipur lara di tengah situasi pandemi yang menjangkit seluruh dunia. Hingga saat ini, ‘Dynamite’ telah dirilis dalam 11 versi, termasuk original, instrumental, dan sembilan remix.

Baca juga: Fans BTS Kritik Keras HYBE Lewat Karangan Bunga Belasungkawa, Ini Ucapannya

Kolaborasi

Tak hanya merilis musik untuk dan bersama grup sendiri, beberapa member BTS juga melakukan proyek kolaborasi di tahun ini. Seperti RM yang menjadi featuring di lagu Younha ‘Winter Flower’, serta Suga yang menjadi featuring dan produser di lagu IU ‘eight’ dan di lagu MAX ‘Blueberry Eyes’.

Selain itu, ada juga lagu ‘Savage Love (Laxed – Siren Beat)’ remix Jawsh 685, Jason Derulo, dan BTS yang rilis pada 2 Oktober lalu. Tiga member BTS, Jungkook, Suga, dan J-Hope berpartisipasi dalam versi remix ini. Dan yang terbaru adalah V yang merilis ‘Snow Flower’ dengan menggandeng Peak Boy sebagai featuring.

Solo

Hampir semua member BTS merilis karya solo ciptaan mereka sendiri di tahun 2020 ini. Mulai dari Suga yang kembali sebagai Agust D dengan album mixtape kedua bertajuk ‘D-2’ pada 22 Mei, V yang mengisi OST drama ‘Itaewon Class’ dengan lagu ‘Sweet Night’, Jungkook dengan ‘Still with You’, Jin dengan ‘Abyss’, dan Jimin dengan ‘Christmas Love’.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Album terbaik SEVENTEEN '17 IS RIGHT HERE', yang terjual lebih dari 2 juta kopi, ditemukan terbengkalai dalam jumlah besar di jalanan Shibuya, Jepang....
  • HOT !
    Setelah mencuri perhatian di drama Reborn Rich, Tiffany Young SNSD akan kembali berakting melalui serial Disney+ Uncle Samsik yang akan ditayangkan mulai 15 Mei mendatang....
  • HOT !
    BIGHIT MUSIC telah merilis pernyataan resmi di platform Weverse pada 2 Mei untuk mengklarifikasi berbagai rumor yang melibatkan artisnya, BTS. Agensi juga dengan tegas mengambil langkah hukum untuk mengusut kasus ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)