home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Kamis, 26 Agustus 2021 19:00 by rizaluthfiah | 830 hits
Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan
Image Source: The Korea Herald

DREAMERS.ID - Komisi Perlindungan Informasi Pribadi Korea Selatan pada hari Rabu (25/8) menjatuhi hukuman denda kepada penyedia layanan platform Facebook dan Netflix 6,7 miliar won (sekitar Rp 82,5 miliar) atas pelanggaran privasi.

Dilansir dari The Korea Herald, Komisi Perlindungan Informasi Pribadi menjatuhkan hukuman terhadap Facebook, Netflix, dan Google dan memerintahkan mereka untuk memperbaiki masalah setelah penyelidikannya.

Facebook dijatuhi hukuman terberat dengan 6,46 miliar Won (sekitar Rp 77,6 miliar). Komisi itu mengatakan penyedia layanan jejaring sosial yang berbasis di AS tersebut membuat dan menyimpan cetakan pengenalan wajah dari 200.000 pengguna lokal tanpa persetujuan antara April 2018 dan September 2019.

Ini merupakan denda terbaru di Facebook, dan yang terbesar kedua. Pada November 2020, komite memerintahkan Facebook untuk membayar 6,7 miliar Won (sekitar Rp 82,5 miliar) dan meminta penyelidikan kriminal karena memberikan informasi pribadi kepada operator lain tanpa persetujuan pengguna.

Facebook juga dituduh mengumpulkan nomor registrasi tempat tinggal orang dengan cara yang tak sesuai dengan hukum dan tidak memberitahukan perubahan terkait pengelolaan informasi pribadinya.

Sementara Netflix diperintahkan untuk membayar denda lebih dari 220 juta won (sekitar Rp 2,6 miliar) karena mengumpulkan informasi pribadi 5 juta orang tanpa persetujuan mereka, bahkan sebelum proses pendaftaran layanan mereka selesai. 

Netflix juga dianggap bertanggung jawab karena tidak mengungkap informasi tentang transfer data pribadi di luar negeri.

Sedangkan Google tidak didenda, tetapi direkomendasikan untuk meningkatkan tindakan penanganan informasi pribadinya oleh komisi. Keputusan tersebut menunjukkan bahwa hukum yang terkait pengumpulan informasi pribadi yang dilakukan Google masih belum jelas.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)