home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bikin Malaysia Terheran-heran, Ini Alasan Kasus COVID-19 Indonesia Cepat Menurun

Senin, 06 September 2021 18:00 by rizaluthfiah | 4318 hits
Bikin Malaysia Terheran-heran, Ini Alasan Kasus COVID-19 Indonesia Cepat Menurun
Image Source : Bali Plus Magazine

DREAMERS.ID - Politisi Malaysia Lim Kit Siang terheran-heran ketika mengetahui kasus Covid-19 di Indonesia bisa menurun lebih cepat dibandingkan di negaranya. Kemenkes RI pun memberikan jawaban soal tanda tanya dari Malaysia ini. 

"Bisakah menteri kesehatan yang baru, Khairy Jamaluddin, menjelaskan mengapa selama 16 hari berturut-turut, Indonesia telah mengurangi kasus baru COVID-19 hariannya menjadi kurang dari Malaysia bahkan kurang dari setengah seperti kemarin 8.955 kasus menjadi 20.988 kasus Malaysia?" kata Lim dikutip dari Malaymail.

Melansir laman Detik Health, Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, menyebut penurunan kasus COVID-19 disebabkan oleh penanganan baik di setiap daerah. Berkat adanya koordinasi pusat dan wilayah, sehingga percepatan pengendalian pandemi dapat tercapai.

"Capaian ini merupakan kontribusi dari peran seluruh pihak dalam mengendalikan Pandemi COVID-19 di Indonesia baik dari masyarakat maupun pemerintah di tiap daerah. Selain itu, koordinasi yang baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah juga terus terjalin sehingga kebijakan di tingkat nasional dapat dijalankan dengan baik hingga di daerah," ujarnya.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

Menambahkan Prof. Wiku, Ahli epidemiologi dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) dr Masdalina Pane mengklaim Kemenkes bahwa ada andil PPKM juga dalam keberhasilan penanganan COVID-19.

Namun menurutnya, yang paling berimbas secara langsung adalah menurunnya penularan varian Delta. Mengingat, varian ini memiliki penularan lebih cepat dibanding varian Corona lainnya yang berandil besar terhadap jumlah kasus COVID-19.

"Kalau menurut saya, lebih kepada varian Delta yang sudah turun jauh ya. Tapi tentu saja PPKM memberi kontribusi juga," ujarnya saat dihubungi Detik.com.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)