home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta-fakta Vaksin Cansino, Punya Tingkat Efikasi Cukup Tinggi Cuma Sekali Suntik

Kamis, 09 September 2021 12:15 by rizaluthfiah | 1046 hits
Fakta-fakta Vaksin Cansino, Punya Tingkat Efikasi Cukup Tinggi Cuma Sekali Suntik
Image Source : UNSAM

DREAMERS.ID - Satu lagi vaksin virus COVID-19 yang mendapatkan izin pakai dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia, yakni vaksin Cansino yang disebut hanya cukup sekali suntikan.

Vaksin Cansino atau Convidecia adalah vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi yang berasal dari China, Cansino Biological Inc dan Beijing Institute of Biotechnology. Efikasi atau kemanjuran vaksin CanSino disebut dapat memberikan perlindungan sekitar 65-69 persen, dalam satu suntikan dan satu dosis.

Berikut fakta-fakta vaksin Cansino, dilansir dari Detik Health.

1. Teknologi

Vaksin Cansino dikembangkan dengan teknologi non replicating viral vector atau dikenal juga dengan vektor Adenovirus (Ad5), mirip dengan vaksin AstraZeneca. Vaksin COVID-19 besutan farmasi China ini didaftarkan PT Bio Farma sebagai pemegang izin EUA yang bertanggung jawab terkait kemanan, mutu, hingga khasiat vaksin di Indonesia.

2. Efikasi

Hanya dengan sekali suntik, vaksin Cansino efektif mencegah gejala ringan hingga sedang akibat COVID-19 mencapai 65 persen. Sementara untuk kasus parah COVID-19, vaksin Cansino terbukti 90,1 persen efektif, berdasarkan analisis hasil akhir studi Februari lalu.

Dikutip dari Bloomberg, meskipun data vaksin Cansino sekilas tampak lebih rendah daripada vaksin COVID-19 lainnya seperti Pfizer hingga Moderna, perlu diingat vaksin ini diberikan dalam satu dosis.

3. Untuk 18 tahun ke atas

Vaksin Cansino baru bisa diberikan untuk usia 18 tahun ke atas. Pemberian sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 ml secara intramuskular.

4. Efek samping

Baca juga: Kasus Baru Diprediksi Capai 170 Ribu, Korsel Luncurkan Vaksin Dosis Keempat COVID-19

Efek samping atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) vaksin Cansino yang banyak terjadi adalah reaksi lokal seperti nyeri di tempat suntikan, kemerahan, dan pembengkakan. 

Namun, beberapa lainnya melaporkan reaksi efek samping sistemik seperti sakit kepala lelah, nyeri otot, mengantuk, mual, muntah, demam serta diare.

5. Kelebihan Vaksin Cansino

Dibandingkan vaksin Moderna dan Pfizer yang memerlukan penyimpanan dengan suhu super dingin, vaksin Cansino lebih mudah disimpan. BPOM mengungkap vaksin Cansino perlu disimpan dalam suhu khusus di 2-8 derajat Celcius.

Ditambah lagi, vaksin COVID-19 satu dosis memudahkan proses pelaksanaan vaksinasi khususnya bagi negara-negara berkembang yang masih kesulitan meningkatkan cakupan vaksinasi dosis kedua.

"Satu vaksin, satu kunjungan dan logistik yang lebih murah, itulah kelebihan Cansino," kata penasehat kesehatan Pakistan, Sultan, dalam wawancara Bloomberg Februari lalu.

Hasil studi akhir vaksin Cansino yang melibatkan lebih dari 300 ribu relawan memang memiliki efikasi sedikit berbeda dibandingkan vaksin besutan China lainnya. Misalnya, Sinovac dengan efikasi 50,38 persen dan vaksin Sinopharm dengan efikasi 78 persen.

6. Hasil booster memakai Cansino

Dikutip dari NikkeiAsia, orang yang sudah divaksinasi lengkap ditambah vaksin booster Cansino memiliki antibodi lebih kuat ketimbang mereka yang menerima booster vaksin Sinovac.

Studi menggabungkan dosis vaksin COVID-19 Sinovac dengan Cansino di China menunjukkan antibodi dengan booster vaksin Cansino melonjak rata-rata 78 kali lipat pasca dua minggu divaksinasi, demikian penjelasan sebuah makalah per Senin kemarin sebelum peer review.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)