home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sebelum Pergi, Perhatikan Dahulu Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Korea Selatan

Rabu, 15 September 2021 16:00 by rizaluthfiah | 1089 hits
Sebelum Pergi, Perhatikan Dahulu Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Korea Selatan
Image Source: Matadornetwork

DREAMERS.ID - Banyak orang tertarik untuk tinggal di Korea Selatan, khususnya penggemar K-Pop dan K-Drama. Tentunya negeri ginseng punya aturan tertulis maupun tidak tertulis yang harus dipatuhi oleh setiap warganya, termasuk warga Asing.

YouTuber Yong Hyeon membagikan hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan apabila sedang berada di Korea Selatan lewat saluran YouTubenya Yong Company. Ia mengungkapkan beberapa informasi tentang hal apa yang dianggap tidak sopan di sana.

Meskipun mungkin tampak seperti hal yang sepele, tetapi aturan ini benar-benar harus diperhatikan dan ditaati. Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat di Korea Selatan, dilansir dari Koreaboo.

1. Jangan Membuat Sopir Bus Memberi Kamu Kembalian

Yong Hyeon mengatakan, di Korea Selatan tidak boleh memberikan uang 10.000 Won (sekitar Rp 120rb) kepada sopir bus saat naik bus. Sebagai informasi, ongkos satu kali naik bus atau kereta api di Korea adalah 1.250 Won (sekitar Rp 15rb).

Jika kamu memberikan uang 10.000 Won kepada supir bus saat naik bus, mereka harus memberikan kembalian dari setiap koin yang dimilikinya. Jadi, gunakan kartu saja ya agar lebih praktis yang bisa kamu dapatkan di bandara saat mendarat di sana.

2. Jangan Berkata Kasar atau Menggunakan Bahasa Infromal Saat Baru Kenal

Orang Korea Selatan sangat menjunjung tinggi rasa hormat sehingga sering berbicara dalam bahas formal saat pertama kali bertemu. Ini adalah perilaku yang harus untuk dilakukan. Sangat tidak sopan jika berbicara bahasa informal saat pertama kali bertemu orang baru.

3. Perempuan Tidak Boleh Mengenakan Pakaian Terbuka di Bagian Atas

Kata Yong Hyeon, mengenakan pakaian terbuka pada bagian atas masih cukup tabu di Korea Selatan. Tidak apa-apa jika mengenakan celana atau rok pendek, tetapi jika kamu mengenakan pakaian yang benar-benar terbuka di bagian atas, maka kamu bisa dinilai negatif.

4. Jangan Melakukan Kontak Mata Sambil Membungkuk

Membungkuk merupakan salah satu bentuk salam bagi orang Korea, khususnya kepada yang lebih tua atau senior. Namun kamu harus menghindari kontak mata saat membungkuk pada orang lain untuk lebih menunjukkan rasa hormat.

5. Jangan Berharap Restoran Menyediakan Garpu

Apabila ke Korea, ada baiknya untuk mempelajari dulu cara memakai sumpit. Pasalnya, cukup banyak restoran yang tidak menyediakan garpu, dikarenakan garpu sendiri tidak banyak dipakai di sana. Atau kamu bisa membawa alat makan sendiri.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)