home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Foto-foto Teaser aespa Kembali Diterpa Isu Plagiat

Jumat, 01 Oktober 2021 11:15 by rizaluthfiah | 1171 hits
Foto-foto Teaser aespa Kembali Diterpa Isu Plagiat
Image Source : Koreaboo

DREAMERS.ID - Sejak awal debutnya, girl group aespa tidak lepas dari isu plagiarisme. Foto-foto teaser terbarunya pun kembali diterpa isu plagiat karena mirip dengan karya-karya seniman lainnya, baik itu yang versi Hallucination Quest maupun Savage.

Pada 25 September, SM Entertaiment membagikan foto teaser individu aespa dengan konsep SYNK Dive mulai dari Ningning, Karina, Winter dan Giselle mengenakan headpiece dengan bentuk beragam. Tetapi foto teaser ini menuai kritik karena kemiripannya dengna karya artis lain.

Foto anggota aespa yang menggunakan hiasan kepala yang berbeda-beda ini dituduh menjiplak desainer Inggris James Merry. James Merry merupakan co-creative designer untuk musisi Islandia, Björk. Ia dikenal sebagai salah satu seniman dengan karya headpiece yang menakjubkan.

Kemudian pada 28 September, SM Entertainment merilis foto teaser Karina untuk konsep Hallucination Quest, di mana ia harus berpose kayang dengan benda mirip kerangka ular melingkari tubuhnya. Walau tampilannya futuristik seperti konsep besar aespa, namun netizen menangkap kesamaan dengan karya lain.

Baca juga: aespa Dikabarkan Comeback Bulan Mei, Ini Kata SM Entertainment

Karya yang dimaksud adalah milik ilustrator Jepang bernama Hajime Sorayama. Karya seni ilustrator ini menampilkan seorang wanita dalam posisi udara yang sama dengan robot yang tampak melilit tubuhnya, serta beberapa kerangka di sampingnya.

Ini bukan pertama kalinya aespa dan SM Entertaiment terkena tuduhan plagiarisme. Pasalnya, video musik debut 'Black Mamba' juga disebut karena dugaan plagiarisme setelah netizen melihat banyak kesamaan dengan karya seniman visual Jerman Timo Helgert.

Tak hanya itu, salah satu panggung 'Black Mamba' di Inkigayo juga dituduh menyalin karya seniman Blake Kathryn. Sementara SM Entertaiment sudah menyelesaikan kedua masalah itu, belum ada tanggapan terkait dugaan plagiat foto teaser terbaru aespa.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    G Dragon telah dikonfirmasi sedang mempersiapkan album baru untuk dirilis tahun ini. Kabarnya, album tersebut akan dilepas pada bulan Agustus....
  • HOT !
    Awal bulan ini, Zico dikabarkan akan merilis lagu yang berkolaborasi dengan Jennie BLACKPINK. Meski tidak secara detail dikonfirmasi agensi, dia memberikan bocoran melalui Instagramnya....
  • HOT !
    We The Fest 2024 telah mengumumkan line up fase pertama yang diisi oleh sejumlah musisi ternama Indonesia maupun luar negeri....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)