home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seberapa Bahaya Cemaran Paracetamol di Laut Jakarta?

Senin, 04 Oktober 2021 17:45 by rizaluthfiah | 781 hits
Seberapa Bahaya Cemaran Paracetamol di Laut Jakarta?
Image Source: Tempo

DREAMERS.ID - Terlepas dari permukaan air laut yang naik, laut Jakarta juga tengah menghadapi fakta adanya pencemaran paracetamol. Seberapa bahaya cemaran kandungan obat tersebut bagi warga maupun hewan sekitar?

Pencemaran paracetamol yang terjadi di Teluk Angke dan Ancol, Jakarta Utara sangat berbahaya bagi kehidupan ikan ataupun satwa liar di laut sekitarnya. Konsentrasi paracetamol di Angke mencapai 610 nanogram per liter, sementara di Ancol sebesar 420 ng/L.

Kendati demikian, peneliti mengaku belum mengetahui apakah tingkat pencemaran paracetamol tersebut sudah dalam tahap mengkhawatirkan atau tidak. Pasalnya, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mencari tahu dampak dari pencemarannya.

"Apakah pencemaran ini sudah ke tahap mengkhawatirkan? Mungkin belum ya, karena ini baru awal. Riset kita kan baru sekali sampling di laut. Jadi tidak mudah menarik kesimpulan," kata Zainal Arifin, salah satu peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dalam konferensi pers virtual, dikutip dari Detik Health.

Meski begitu, Zainal mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dan tidak sembarangan membuang limbah obat. Pasalnya, tak menutup kemungkinan pencemaran paracetamol seperti ini bisa memberikan dampak yang merugikan bagi lingkungan, termasuk untuk manusia.

Lebih lanjut, ia memaparkan riset pencemaran tidak melibatkan ikan karena sifat fisiologinya yang akan lari berenang menjauh dari tempat dengan oksigen rendah. Sedangkan kerang, akan bertahan atau mati karena pencemaran sehingga hasil riset baru bisa didapatkan dari kerang biru.

Peneliti lainnya, dari Oseanografi BRIN Dr Wulan Koagouw menyebut pencemaran paracetamol bisa saja berdampak pada organisme laut. Namun, untuk memastikan sejauh mana pencemaran dan efeknya tentu diperlukan studi dan riset lebih lanjut, khususnya kepada manusia.

Dr Wulan mengatakan, "Jadi yang saya hanya bisa bilang di sini, saya belum lihat efeknya di manusia. Karena memang konsentrasinya rendah dibanding paracetamol yang kita makan, kita minum. Secara logika harusnya efeknya kecil."

Dilansir CNN Indonesia, sejumlah penelitian menunjukkan bahan kimia seperti obat memiliki efek feminisasi pada ikan jantan dan dapat mengubah rasio betina-jantan. Sebuah studi juga melaporkan ikan di hulu dan hilir dari instalasi pengolahan air limbah lebih banyak ikan betina dan interseks hilir dari tanaman.

Hal ini diperkirakan terjadi karena kadar estrogen yang lebih tinggi di air hilir. Penelitian telah menemukan obat antidepresan yang terkonsentrasi di jaringan otak ikan di hilir dari pabrik pengolahan air limbah laut.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)