home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Koreografer Angkat Bicara Usai Dituding Gunakan Tarian Grup Lain untuk aespa

Rabu, 06 Oktober 2021 15:00 by rizaluthfiah | 1075 hits
Koreografer Angkat Bicara Usai Dituding Gunakan Tarian Grup Lain untuk aespa
Dreamers.id

DREAMERS.ID - aespa baru saja resmi comeback dengan merilis album dan lagu Savage. Koreografinya menjadi sorotan penggemar karena dianggap mirip dengan girl group lain, sehingga si pencipta gerakan terkena protes.

Penggemar melihat jika gerakan tari bagian tangan aespa saat memakai outfit serba putih mirip dengan gerakan BLACKPINK 'How You Like That' dan ITZY 'Not Shy'. Fyi, koregrafi tiga lagu tersebut dibuat oleh koreografer terkenal, yaitu Kiel Tutin.

Oleh karena itu, para penggemar menunjukkan ketidak puasan mereka dan mencurigai Kiel Tutin memberikan aespa gerakan "daur ulang" dari gerakan tarian sebelumnya. Fans bahkan meminta Kiel untuk jangan mengulangi hal tersebut.

Tak lama setelahnya, Kiel Tutin angkat bicara terkait kritik gerakan tari aespa Savage melalui Instagram Story-nya. Ia menjelaskan bahwa dirinya tidak mungkin secara sengaja memasukan gerakan tarian yang sama untuk lagu girl group populer.

Baca juga: aespa Umumkan Comeback dengan Full Album Pertama 'Armageddon'

Bahkan, ia meyakinkan para penggemar untuk menanyakan hal ini langsung kepada para dancer di bawah naungannya. Koreografer Keil Tutin menuliskan penjelasan panjang untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah dalam insiden ini.

Kiel Tutin mengatakan, "Aku benar-benar menggandakan waktuku di studio untuk memastikan bahwa TIDAK ADA (gerakan) yang serupa sama sekali. Aku membuat banyak konsep dan mengubah apa pun yang mungkin. Kalian dapat bertanya kepada penariku (jangan, karena mereka tidak perlu membuang waktu untuk pertanyaan bodoh)."

"Aku menggunakan gerakan ini (dari lagu Savage - aespa) untuk Not Shy, bukan yang lain. Silahkan liat proses koreografi How You Like That di channel YouTube pribadiku. Aku tidak memiliki kontrol atas koreografi final kpop," lanjutnya.

Kemudian ia menutup penjelasan dengan mengatakan, "Tarian punya jumlah gerakan yang terbatas, dan ketika mereka mempekerjakan koreografer yang mencoba memuaskan mesin kpop, ada gerakan yang akan tumpang tindih, cari angle baru, atau jangan peduli."

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Weverse Con Festival 2024 yang diselenggarakan oleh platform komunitas penggemar Weverse dan HYBE, telah mengumunkan lineup lengkapnya! Sebanyak 24 artis K pop akan tampil di Inspire Entertainment Resort dari tanggal 15 hingga 16 Juni....
  • HOT !
    Girl grup PURPLE KISS secara resmi mengumumkan rencana mereka untuk menggelar tur konser bertajuk BXX mulai pertengahan tahun ini di 18 kota yang telah dikonfirmasi....
  • HOT !
    Tim produksi The Fiery Priest 2 sebelumnya telah mengumumkan bahwa Kim Nam Gil, Honey Lee dan Kim Sung Kyun kembali membintangi drama tersebut, bersama BIBI. Aktor Sung Joon juga dikonfirmasi bergabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)