home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bae Yoon Jung Ungkap Bayaran Fantastis dari PSY untuk Koreografi Ikonik 'Abracadabra'

Kamis, 11 November 2021 11:45 by fzhchyn | 788 hits
Bae Yoon Jung Ungkap Bayaran Fantastis dari PSY untuk Koreografi Ikonik 'Abracadabra'
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Koreografer Bae Yoon Jung mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PSY saat tampil sebagai bintang tamu ‘Radio Star’. Dalam episode yang tayang pada 10 November itu, Bae Yoon Jung mengenang saat PSY menghubunginya untuk meminta izin menggunakan koreaografinya.

Bae Yoon Jung dikenal sebagai koreografer di balik gerakan dance ikonik untuk lagu-lagu hits seperti EXID ‘Up & Down’, T-ara ‘Bo Peep Bo Peep’, KARA ‘Mister’, dan lagu tema Produce 101 ‘Pick Me’.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, ketika PSY mempersiapkan comeback pertamanya setelah kesuksesan ‘Gangnam Style’ di tahun 2012, penyanyi ini memilih untuk menggunakan kembali salah satu koreografi paling terkenal di K-pop untuk lagu berikutnya.

Koreografi PSY untuk lagu 2013 ‘Gentleman’ awalnya dibuat untuk hit sukses Brown Eyed Girls ‘Abracadabra’, yang membuat semua orang meniru gerakan tarian khas tersebut pada tahun 2009.

Karena Bae Yoon Jung adalah koreografer asli untuk ‘Abracadabra’, PSY menghubunginya untuk meminta izin menggunakan gerakan yang mendapat julukan “tarian arogan” di Korea tersebut. “Aku sangat berterima kasih padanya,” kenang Bae Yoon Jung.

“Tarian arogan Brown Eyed Girls telah menjadi hit besar, dan PSY mengatakan suatu hari bahwa saat dia mengerjakan 'Gentleman', dia tidak bisa memikirkan gerakan tarian lain untuk koreografi."

"Dia mengatakan bahwa tidak peduli banyak dia mencoba koreografi lain, dia terus berpikir bahwa 'tarian arogan' adalah yang paling cocok. Jadi dia menghubungiku.”

Dia memaparkan, “PSY bertanya kepadaku apakah dia bisa menggunakan bagian koreografi itu saja. Dan dari sudut pandangku, aku hanya bersyukur [dia bertanya]. Bagiku, itu seperti, 'Wow, dia ingin menggunakan koreografiku? Tentu saja. Terima kasih'.

“Aku sudah bersyukur hanya karena dia menggunakan [koreografiku], tetapi kemudian dia berkata, 'Karena aku menggunakan koreografimu, aku akan membayar biaya hak cipta untuk itu'."

"Aku akan berterima kasih bahkan jika dia tidak membayarku sama sekali, tetapi karena dia mengatakan dia akan membayar, aku menjawab, 'Oh, terima kasih banyak!'

Bae Yoon Jung melanjutkan, “Saat itu, aku dibayar 3 juta hingga 4 juta won [sekitar 36 juta hingga 48 juta rupiah] untuk membuat koreografi lagu berdurasi tiga hingga empat menit."

"Tapi PSY membayarku 10 juta won [sekitar120,4 juta rupiah] hanya untuk satu gerakan dance itu. Pada saat itu, dia terlihat sangat keren dan sangat tampan.”

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jo Jung Suk akan kembali ke layar lebar untuk pertama kalinya dalam enam tahun melalui film Pilot. Film bergenre ini menceritakan tentang mantan pilot yang merubah identitasnya untuk kembali bekerja....
  • HOT !
    Agensi mengumumkan bahwa Chowon ICHILLIN' akan istirahat dari aktivitas grup setelah kepalanya terkena bola di pertandingan bisbol pada 16 April kemarin....
  • HOT !
    LE SSERAFIM melonjak di chart musik global usai penampilannya di panggung Coachella pada akhir pekan lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)