home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Era Streaming, Film-film Netflix Dominasi Festival Film Indonesia 2021

Kamis, 11 November 2021 15:00 by muthiasp | 636 hits
Era Streaming, Film-film Netflix Dominasi Festival Film Indonesia 2021
Image source: Netflix

DREAMERS.ID - Festival Film Indonesia (FFI) 2021 telah rampung digelar dengan puncak acara berupa malam penghargaan Piala Citra pada 10 November 2021 di Jakarta Convention Center. Film yang tayang di platform streaming juga masuk ke dalam nominasi.

Festival prestisius ini memasuki tahun ke-41 sejak awal pelaksanaannya dan pada tahun ini telah menyeleksi karya sineas Indonesia ke dalam 22 kategori. Film-film Netflix seperti Ali & Ratu Ratu Queens, Sobat Ambyar serta Penyalin Cahaya yang akan segera tayang, berhasil memboyong total 16 penghargaan.

Penyalin Cahaya, film yang meraih nominasi terbanyak tahun ini, sukses menjadi film pertama yang mendapatkan Piala Citra terbanyak di Festival Film Indonesia dengan memboyong 12 Piala Citra. Dalam kategori Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik (Wregas Bhanuteja), Pemeran Utama Pria Terbaik (Chicco Kurniawan).

Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Jerome Kurnia), Penulis Skenario Asli Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, dan Penata Busana Terbaik.

Baca juga: 'Nana' dan 'Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas' Dominasi FFI 2022

Film Penyalin Cahaya akan segera hadir di Netflix pada 13 Januari 2022.

Sedangkan film Ali & Ratu Ratu Queens mendapatkan 3 penghargaan untuk kategori Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik (Marissa Anita), penghargaan khusus untuk Karya Kritik Film, serta menjadi Film Terfavorit Pilihan Penonton. Film ini disutradarai oleh Lucky Kuswandi, yang mendapatkan nominasi untuk Sutradara Terbaik.

Selain kedua film tersebut, film Sobat Ambyar yang menyuguhkan kisah cinta, canda tawa, patah hati, dan persahabatan yang terinspirasi dan diiringi oleh lagu-lagu campursari mendiang Didi Kempot, meraih Piala Citra untuk kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Weverse Con Festival 2024 yang diselenggarakan oleh platform komunitas penggemar Weverse dan HYBE, telah mengumunkan lineup lengkapnya! Sebanyak 24 artis K pop akan tampil di Inspire Entertainment Resort dari tanggal 15 hingga 16 Juni....
  • HOT !
    Girl grup PURPLE KISS secara resmi mengumumkan rencana mereka untuk menggelar tur konser bertajuk BXX mulai pertengahan tahun ini di 18 kota yang telah dikonfirmasi....
  • HOT !
    Tim produksi The Fiery Priest 2 sebelumnya telah mengumumkan bahwa Kim Nam Gil, Honey Lee dan Kim Sung Kyun kembali membintangi drama tersebut, bersama BIBI. Aktor Sung Joon juga dikonfirmasi bergabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)