home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wacana Premium Dihapus Namun Sulit Karena Mafia Migas, Ahok Setuju!

Senin, 27 Desember 2021 15:55 by reinasoebisono | 838 hits
Wacana Premium Dihapus Namun Sulit Karena Mafia Migas, Ahok Setuju!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Muncul wacana jika BBM jenis Premium akan dihapuskan di tahun depan. Namun, hal ini diragukan karena walau wacana penghapusan ini telah lama muncul namun tak kunjung berjalan. Benarkah ada mafia migas atau pemburu rente impor yang menghalanginya?

Hal ini diungkapkan Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi jika penghapusan BBM jenis Premium akan memberikan keuntungan bagi PT Pertamina (Persero). Sebab, akan mengurangi biaya transportasi dan mengurangi biaya subsidi.

"Saya tidak yakin tahun depan Premium benar-benar dihapuskan. Pasalnya, sejak 2017 penghapusan Premium sudah diwacanakan, tetapi hingga kini tidak pernah direalisasikan. Kendalanya, saya menduga, pemburu rente impor Premium selalu mencegah rencana penghapusan Premium," kata Fahmy mengutip Detik.

Merespon pernyataan tersebut, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kini akrab disapa BTP pun setuju.

"Setuju," kata Ahok.

Ahok mengatakan, untuk menghasilkan BBM Premium harus mengalami proses percampuran sehingga oktan akan turun. Padahal, kilang modern menghasilkan BBM beroktan tinggi. Hal ini memunculkan pertanyaan-pertanyaan baru.

Ahok juga menyinggung, banyak yang menyuarakan BBM Premium tidak boleh dihapus karena atasnama rakyat. Padahal, hamper 80% konsumen BBM memakai Pertalite.

"Kilang modern hasilkan BBM oktannya tinggi. Mau jualan Premium harus campur nafta buat turunkan lagi. Mungkin ini jadi kerjaan tambahan? Dan ada pemasok ? Dan belinya terbatas dan tertentu? Dan sering sekali atas nama rakyat Premium nggak boleh dihapus. Faktanya hampir 80% pengisi BBM itu pakai Pertalite," terangnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)