home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabar Baik! Pemerintah Akan Segera Keluarkan Izin Penggunaan Vaksin Booster

Rabu, 29 Desember 2021 20:25 by reinasoebisono | 9005 hits
Kabar Baik! Pemerintah Akan Segera Keluarkan Izin Penggunaan Vaksin Booster
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemerintah disebut akan segera memberikan vaksin booster atau vaksin ketiga. Hal ini sesuai rencana awal pemerintah. Terlebih dengan informasi varian baru COVID-19 yang kurang efektif ditangkal hanya dengan vaksin dua kali suntik.

Melansir Detik, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan segera mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) untuk vaksin COVID-19 booster.

"Rencana pemerintah akan memberikan vaksin booster, kami perlu melaporkan bahwa BPOM telah berproses sekarang untuk segera mengeluarkan use of authorization," kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Rabu, (29/12).

Penny turut menjelaskan jika jenis vaksin booster yang direncanakan pemerintah antara lain adalah Pfizer, Astrazeneca, CoronaVac, Zifivax dan Sinopharm. Penny berharap izin penggunaan ini bisa keluar dalam waktu dekat.

Baca juga: Gejala Khusus COVID-19 Subvarian XB.1.16 yang Ditemukan 5 Kasus Di Jakarta

"Untuk beberapa vaksin booster yang akan direncanakan oleh pemerintah yaitu untuk Pfizer, Astrazeneca, CoronaVac, Zifivax dan yang juga sedang beproses Sinopharm. Ini sedang dalam proses semuanya dalam waktu dekat mudah-mudahan," ujar Penny.

Di samping pembahasan vaksin booster, BPOM juga tengah mengawal vaksin COVID-19 dalam negeri yaitu vaksin Merah Putih dan Baylor College Medicine. Vaksin Merah Putih kini sedang dalam tahap persiapan produksi untuk produk uji klinik yang nantinya akan segera menuju uji klinik fase satu. Sementara Baylor College Medicine telah masuk tahap uji klinik fase satu.

"Kami pun juga mengawal dan ini menjadikan prioritas untuk mendukung kemandirian kita dari produk vaksin sedang mengawal juga jenis vaksin Covid-19 dalam negeri, yaitu pertama vaksin Merah Putih sekarang dalam tahap persiapan produksi untuk produk uji kliniknya, jadi akan segera menuju uji klinik fase satu," ujar Penny.

"Vaksin Covid-19 yang disebut Baylor College Medicine ini sudah masuk ke dalam tahap uji klinik fase satu dengan target apabila semua berjalan dengan baik, data data baik, targetnya akan selesai sekitar bulan Juni, Juli, sehingga produksi bisa dilakukan pada semester kedua 2022," imbuhnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)