home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Wajib Dihilangkan, Ini 5 Fungsi Sebum Untuk Kulit Wajah

Jumat, 04 Februari 2022 13:00 by Rie127 | 960 hits
Tidak Wajib Dihilangkan, Ini 5 Fungsi Sebum Untuk Kulit Wajah
Image Source: HonestDoca

DREAMERS.ID - Sebum merupakan istilah lain dari minyak yang kerap muncul dipermukaan kulit, terutama pada wajah. Untuk sebagian orang, mungkin sebum cukup mengganggu apalagi jika berlebihan. Hal ini membuat mereka memutuskan untuk menggunakan produk yang mengurangi kadar sebum.

Namun, sebenarnya minyak yang keluar secara alami ini berfungsi untuk kesehatan kulit wajah. Dilansir dari Hellosehat, berikut ini merupakan fungsi dari sebum untuk kesehatan kulit.

1. Menjaga Kelembapan Kulit


Image Source: Alodokter

Sebum mampu menjaga hidrasi kulit karena minyak alami ini mampu melapisi permukaan kulit, sehingga dapat mencegah penguapan air yang terkandung di dalam kulit. Minyak alami ini juga membantu melembutkan kulit sehingga kulit tidak mengelupas, pecah-pecah, dan juga kering.

2. Melindungi Infeksi Mikroorganisme Berbahaya


Image Source: Shutterstock

Kadar minyak memengaruhi pH kulit wajah. Mengutip hasil studi terbitan Advances in Dermatology and Allergology (2016), kulit dengan jumlah minyak yang tinggi memiliki angka pH yang rendah, sekitar 4–6.

Hal ini berarti sebum dapat menjaga keasaman kulit. Lingkungan kulit yang asam mampu membunuh bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit.

3. Menjaga Kulit dari Paparan Sinar UV


Image Source: Shutterstock

Mengutip hasil studi terbitan Experimental Dermatology (2015), kandungan squalene yang ada pada minyak alami kulit mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Ketika kulit terpapar sinar UV, squalene akan memberikan sinyal pada sistem kekebalan tubuh untuk segera melindungi kulit.

4. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas


Image Source: Dermaconcepts

Sebum juga dapat memberikan perlindungan ekstra dalam menjaga ketahanan sel-sel kulit. Sebum membantu menyebarkan vitamin E dari pembuluh darah ke area permukaan kulit. Vitamin E sendiri berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Menjaga Suhu Tubuh


Image Source: Orami

Suhu lingkungan yang dingin rentan membuat kulit cepat kering. Untuk menjaga suhu tubuh tetap seimbang, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak dan sedikit keringat. Jadi, sebum dapat membantu menjaga keseimbangan suhu tubuh sekaligus menjaga kelembapan kulit di cuaca dingin.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)