home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Masker Hidung Kosk dari Korea, Ini Komentar Ahli

Senin, 07 Februari 2022 13:00 by muthiasp | 1021 hits
Viral Masker Hidung Kosk dari Korea, Ini Komentar Ahli
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Korea Selatan menjadi sorotan tidak hanya karena kasus harian positif COVID-19 mencapai 35 ribu selama tiga hari berturut, melainkan munculnya jenis masker baru yang hanya menutupi hidung.

Masker tersebut bernama Kosk, kombinasi dari Ko yang berarti hidung dalam bahasa Korea, dan masker. Kosk telah dirilis oleh sebuah perusahaan bernama Atman dan dijual seharga 9.800 won (sekitar Rp 118 ribu) untuk sekotak isi 10 masker di situs Coupang.

Menariknya, masker ini terdiri dalam dua bagian, hidung dan mulut, salah satunya dapat dilepas untuk membiarkan mulut terbuka. Sesuai dengan tujuan pembuatannya, agar pengguna dapat dengan mudah menyantap makanan, namun bagian hidung tetap tertutup.

Masih dengan fungsi sama, ada pula tiga "Masker Hidung Antivirus Tembaga" yang dapat digunakan kembali yang hanya menutupi hidung dan tersedia dalam warna berbeda seharga 2.000 won (sekitar Rp 25 ribu) dari Spar Clone Fabric, juga dijual di Coupang.

Masker Kosk ini pun menuai beragam reaksi dari warganet. Ada yang menganggapnya aneh dan konyol, tetapi juga ada yang tertarik. Namun apa kata ahli?

Melansir The Guardian, beberapa penelitian menunjukkan bahwa hidung adalah rute termudah bagi virus corona untuk masuk ke dalam tubuh, jadi memakai masker hidung mungkin tidak sekonyol kelihatannya.

Profesor Catherine Bennett, ketua epidemiologi di Institut Transformasi Kesehatan Universitas Deakin di Australia, mengatakan kepada Nine News bahwa masker yang hanya menutupi hidung adalah "ide aneh" tetapi akan "lebih baik daripada tidak sama sekali".

"Itu mungkin membuat perbedaan kecil," katanya. Masker kosk pun sebenarnya bisa digunakan sebagai lapisan dalam masker wajah pada umumnya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)