home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, KNKT Tidak Temukan Jejak Pengereman Di Lokasi Kecelakaan Maut Bus Bantul?

Senin, 07 Februari 2022 22:00 by reinasoebisono | 1003 hits
Duh, KNKT Tidak Temukan Jejak Pengereman Di Lokasi Kecelakaan Maut Bus Bantul?
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Sebuah bus yang mengangkut puluhan warga dalam rombongan Family Gathering perusahaan konveksi di wilayah Sukoharjo menabrak tebing di Kawasan Bukit Bego, Kedungbueng, Wukisari, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta pada Minggu (6/2) kemarin.

Kini pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan jika tidak ditemukan jejak pengereman daru Bus Gandos Abadi itu. KNKT hari ini menerjunkan timnya untuk meninjau lokasi insiden dan telah melakukan pengukuran geometri jalan sekitar TKP.

"Kita lihat terakhir di sini (area TKP) enggak ada jejak pengereman, itu fakta. Kok enggak ada itu nanti dianalisa baru bisa ketahuan," kata Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono di lokasi kejadian kecelakaan bus yang merenggut nyawa 13 orang itu, Senin (7/2).


Image source: CNN Indonesia

Baca juga: Anehnya Penjelasan dan Ekspresi Sopir Truk Usia 18 Tahun Pelaku Tabrakan Beruntun di GT Halim

"Nanti kita hitung, kalau memang geometrinya ini cukup ektsrem untuk bus besar, kita akan rekomendasikan agar bus besar itu seperti di Dieng. Dia berhenti di lokasi tertentu terus naiknya pakai kendaraan kecil, shuttle," lanjutnya melansir CNN Indonesia.

Fakta lain yang diperoleh KNKT, jalanan turunan TKP tersebut memang cukup curam. Selain itu ada pula kriteria korban yang meninggal dalam kejadian ini berdasarkan para saksi.

"Penumpang yang meninggal itu umumnya yang terlempar keluar (dari bus). Sama penumpang yang luka berat itu yang terlempar keluar dari bus. Menurut yang menolong seperti itu," sebutnya. "Jadi kita juga akan lihat di busnya bagaimana situasi dari kursinya apakah masih nempel semua, terus apakah di busnya ada sabuk pengamannya,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)