home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Deltacron Dikonfirmasi WHO, Apa Kata Satgas COVID-19?

Rabu, 16 Maret 2022 17:00 by reinasoebisono | 1066 hits
Deltacron Dikonfirmasi WHO, Apa Kata Satgas COVID-19?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia telah mengonfirmasi adanya kemunculan varian virus baru, gabungan dari Delta dan Omicron yang kini disebut Deltacron. Hal ini dikonfirmasi oleh Pimpinan Teknis COVID-19 WHO Maria Van Kerkhove.

Konfirmasi adanya hibrida atau rekombinan varian Delta dan Omicron ini didasarkan laporan dari para ilmuwan. Melansir Kompas, Deltacron telah tercatat menyebar di berbagai negara termasuk Amerika Serikat, Perancis, Denmark dan Belanda.

Lebih detail, hal ini terungkap oleh WHO dalam media briefing pada 10 Maret 2022 dari hasil pertemuan Technical Advisory Group on Virus Converse Evolution atau grup penasehat teknis terkait evolusi virus yang terdiri dari para pakar virus di dunia.

Menanggapi hal ini, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan, bahwa penamaan resmi varian ini belum ditetapkan WHO. Data terkait karakteristik Deltacron juga masih terbatas.

"Varian GKA atau AY.4 BA.1 merupakan varian yang terindikasi memiliki percampuran genetik antara varian Delta dengan istilah 21J atau AY.4 dengan Omicron dengan istilah ilmiahnya 21K atau BA.1," papar Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan di kanal YouTube BNPB, Selasa (15/3).

Baca juga: Gejala Khusus COVID-19 Subvarian XB.1.16 yang Ditemukan 5 Kasus Di Jakarta

"Dampak varian ini terhadap indikator epidemiologi maupun tingkat keparahan gejala belum dapat dipastikan dan masih terus diteliti," ungkap Wiku.

Sebenarnya, rekombinasi varian seperti Deltacron ini pernah terjadi di berbagai virus lainnya. Karena itu, Prof Wiku meminta agar tidak member ruang berbagai jenis virus untuk masuk maupun menyebar di dalam negeri dengan cara melindungi diri dan disiplin protocol Kesehatan.

"Jadi penting untuk dipahami, bahwa selama virus masih beredar apalagi dalam tingkat penularan yang tinggi, potensi terjadinya mutasi virus akan semakin besar," ucap Wiku.

"Di masa adaptasi ini, pencegahan penularan ini lebih banyak porsinya pada tanggung jawab setiap individu. Setiap orang wajib melindungi dirinya sendiri dan orang lain melalui disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak)," jelasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)