home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mudik Diperbolehkan, Prediksi Penularan Tinggi Tapi Jumlah Kematian Rendah?

Kamis, 24 Maret 2022 13:43 by reinasoebisono | 942 hits
Mudik Diperbolehkan, Prediksi Penularan Tinggi Tapi Jumlah Kematian Rendah?
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Kasus COVID-19 diperkirakan akan kembali mengalami lonjakan di masa mudik nanti. Hal ini dikarenakan Presiden Joko Widodo tak lagi melarang Solat Tarawih dan Mudik di Ramadhan tahun ini.

Tak pelak, Epidemiolog pun memprediksi gelombang yang akan terjadi nanti. Tri Yunis Miko Wahyono, epidemiolog dari Universitas Indonesia mengingatkan jika vaksinasi tidaklah bisa mencegah seseorang dari infeksi, namun hanya meringankan gejala.

"Vaksin tidak dapat memproteksi kita dari infeksi. Tapi dapat memproteksi kita dari keparahan," kata Tri melansir laman Kompas.

Karena itu, meski masyarakat telah ramai-ramai divaksin, namun jika melakukan kerumunan seperti pulang kampung atau mudik, tetap dapat meningkatkan resiko penularan. Namun, resiko kematiannya akan kecil karena tingkat vaksinasi sudah tinggi.

Tri Yunis pun mencontohkan momen gelombang ketiga pada Februari lalu. Kala itu sebenarnya diprediksi sudah 85% masyarakat memiliki kekebalan terhadap COVID-19. Baik karena telah melakukan vaksin atau karena pernah tertular sebelumnya.

Namun nyatanya, angka penularan yang terdeteksi masih sangat tinggi. Bahkan jumlah yang tertular di gelombang ketiga lebih tinggi dari gelombang kedua.

Baca juga: Selena Gomez Batalkan Penampilan di Tonight Show Usai Dites Positif COVID-19

"Tapi yang mati jauh lebih kecil dari gelombang kedua," sambung dia.

Meski ada kelonggaran melakukan mudik Lebaran, tetap ada pemberlakuan sejumlah syarat bagi warga yang hendak pulang ke kampung halaman. Berikut syarat mudik Lebaran 2022 menurut kategori penerima vaksin:

1. Pemudik yang sudah menerima vaksin booster dibolehkan mudik tanpa perlu menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 untuk syarat perjalanan.

2. Pemudik yang sudah divaksinasi lengkap atau dua dosis wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes antigen sebagai syarat perjalanan.

3. Pemudik yang baru divaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes PCR sebagai syarat perjalanan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)