home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjualan Bulanan Album K-Pop Tembus 10 Juta Kopi untuk Pertama Kalinya

Senin, 29 Agustus 2022 11:15 by fzhchyn | 604 hits
Penjualan Bulanan Album K-Pop Tembus 10 Juta Kopi untuk Pertama Kalinya
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Penjualan bulanan album K-pop melampaui 10 juta kopi untuk pertama kalinya pada bulan lalu! Hal ini tentunya terjadi berkat ekspansi fandom global grup idola yang berkelanjutan.

Menurut Kim Jin Woo, kepala peneliti dari Circle Chart (sebelumnya Gaon Chart), penjualan gabungan dari 400 album fisik teratas negara itu mencapai 10.827.324 kopi pada bulan Juli, melonjak 40,2 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Ini menandai pertama kalinya bahwa penjualan bulanan telah mencapai 10 juta sejak chart mulai mengumpulkan data pada tahun 2010. Angka tersebut merupakan peningkatan 116,8 persen dari tahun lalu.

Berdasarkan album, mini album kedua aespa ‘Girls’ berada di peringkat No. 1 dengan 1,64 juta kopi terjual. Diikuti oleh ENHYPEN ‘MANIFESTO: DAY 1’ (1,4 juta kopi) dan SEVENTEEN ‘SECTOR 17’ (1,34 juta kopi). ATEEZ, ITZY, Kim Ho Joong, Youngtak, J-Hope, BTS, dan STAYC melengkapi daftar 10 besar.

Akumulasi penjualan album K-pop dalam tujuh bulan pertama meningkat sekitar 15 juta kopi dari tahun lalu mencapai 46 juta.

"Karena ukuran fandom grup idola K-pop telah berkembang secara global, penjualan meningkat ke level yang belum pernah kami alami sebelumnya," kata Kim Jin Woo dalam laporan bulanan.

"Termasuk fakta bahwa penjualan album gabungan oleh penyanyi (trot) yang berpusat pada permintaan domestik seperti Kim Ho Yoong dan Youngtak melebihi 1 juta kopi, faktor-faktor yang menguntungkan di dalam dan di luar negeri telah memainkan peran."

Yang juga menarik perhatian adalah album lama menyumbang sekitar 10 persen dari total penjualan paruh pertama, karena penggemar K-pop global tidak hanya mendengarkan rilisan baru tetapi juga rekaman lama dari bintang favorit mereka.

Kim Jin Woo memperkirakan kebiasaan mengkonsumsi seperti itu akan menjadi kekuatan pendorong untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dari pasar album fisik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Tim produksi The Fiery Priest 2 sebelumnya telah mengumumkan bahwa Kim Nam Gil, Honey Lee dan Kim Sung Kyun kembali membintangi drama tersebut, bersama BIBI. Aktor Sung Joon juga dikonfirmasi bergabung....
  • HOT !
    Doyoung NCT secara resmi debut solo dengan album YOUTH dan lagu utama Little Light pada 22 April yang sukses dengan menyapu posisi teratas di berbagai tangga lagu domestik dan internasional....
  • HOT !
    Leeseo IVE, Han Yujin ZEROBASEONE, dan aktor Moon Sung Hyun diumumkan sebagai trio MC baru acara musik SBS Inkigayo mulai dari episode mendatang pada tanggal 28 April....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)