home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tim Investigasi Khusus Tragedi Itaewon Menggeledah Kantor Kepolisian Seoul

Rabu, 02 November 2022 15:10 by muthiasp | 982 hits
Tim Investigasi Khusus Tragedi Itaewon Menggeledah Kantor Kepolisian Seoul
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Sebuah tim investigasi polisi khusus menggeledah Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, Kantor Polisi Yongsan dan enam kantor lainnya pada hari Rabu (2/11) sebagai bagian dari penyelidikan atas tanggapan polisi yang ceroboh terhadap tragedi Itaewon.

Penggeledahan itu terjadi sehari setelah Badan Kepolisian Nasional mengakui 11 panggilan darurat yang memperingatkan kepadatan di Itaewon mulai terjadi empat jam sebelum tragedi maut, tetapi hanya sedikit tindakan yang diambil.

Berdasarkan laporan Yonhap News, delapan lokasi yang digeledah juga termasuk kantor Daerah Yongsan, Markas Besar Kebakaran & Bencana Metropolitan Seoul, stasiun pemadam kebakaran Yongsan dan markas besar Metro Seoul.

Kerumunan massa terjadi Sabtu (29/10) malam di sebuah gang sempit di distrik hiburan Seoul Itaewon dan menyebabkan 156 orang tewas, kebanyakan berusia 20-an, termasuk 26 orang asing.

Ditemukan bahwa total 79 panggilan darurat dilakukan dari daerah Itaewon mulai pukul 6 sore sampai jam 10 malam. Isi pasti dari panggilan tersebut belum diidentifikasi.

Baca juga: 3 Ribu Orang Turun ke Jalan Memperingati Setahun Tragedi Itaewon

Dari 11 panggilan darurat yang telah terungkap ke publik, hanya satu yang dikategorikan sebagai "kode 0", yang mengharuskan petugas dikirim ke tempat kejadian secepat mungkin.

Tujuh lainnya adalah "kode 1," yang menyerukan agar kasus diprioritaskan, tetapi hanya ada empat tim yang dikonfirmasi ke tempat kejadian malam itu.

Polisi mengungkapkan yang pertama dari 11 panggilan darurat, yang dilakukan pada pukul 18.34 KST dan secara langsung menyebutkan risiko bahwa orang “dapat diremukkan sampai mati,” dianggap sebagai keluhan rutin atas ketidaknyamanan yang tidak menimbulkan bahaya langsung.

Catatan menunjukkan bahwa tidak ada panggilan yang dilakukan ke 119 sebelum tragedi terjadi. Panggilan pertama yang diterima oleh pusat operasi darurat 119 adalah pada pukul 22:15 KST, perkiraan waktu terjadinya bencana. Tim penyelamat darurat pertama tiba di tempat kejadian 14 menit kemudian.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)