home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selain Obat Batuk, Obat Asam Lambung Ini Juga Terkena Cemaran Etilen Glikol

Kamis, 10 November 2022 18:25 by muthiasp | 1312 hits
Selain Obat Batuk, Obat Asam Lambung Ini Juga Terkena Cemaran Etilen Glikol
Image source: DW

DREAMERS.ID - BPOM tidak hanya menemukan cemaran etilen glikol dalam obat sirup anak-anak atau yang mengandung paracetamol saja, melainkan juga temuannya mencapai ke obat asam lambung.

Melansir laman CNN Indonesia, obat asam lambung yang ditarik merupakan obat berjenis suspensi atau sediaan cair yang mengandung partikel padat tidak larut dalam air. Berikut beberapa obat asam lambung yang masuk dalam daftar:

- Antasida DOEN (PT Universal Pharmaceutical Industries),
- Tomaag Forte (PT Yarindo Farmatama),
- Antasida Doen (PT Afi Farma),
- Gastricid (PT Afi Farma)

Etilen glikol (EG) dan dietelin glikol (DEG) disinyalir kuat sebagai penyebab meningkatnya kasus gagal ginjal pada anak. BPOM sudah menarik izin edar 69 obat sirup dari tiga industri farmasi yakni PT Yarindo Farmatama, PT Universal Pharmaceutical Industries, dan PT Afi Farma.

Kepala BPOM Penny Lukito juga menyebut telah menemukan kandungan EG dan DEG hampir 100 persen dalam bahan kimia berlabel propilen glikol. Bahan itu digunakan oleh industri farmasi sebagai zat pelarut dalam obat-obatan sirup.

"Bahan baku yang seharusnya 0,1 persen, 9 sampel terdeteksi mengandung 52 persen. Bahkan ada yang sampai 99 persen. Hampir 100 persen kandungan EG dan DEG, bukan propilen glikol," kata Penny.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)