home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jepang Waspada Tsunami Saat Gunung Semeru Erupsi

Senin, 05 Desember 2022 16:30 by muthiasp | 901 hits
Jepang Waspada Tsunami Saat Gunung Semeru Erupsi
Image source: DW

DREAMERS.ID - Gunung Semeru erupsi pada Minggu (4/12) pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut). Selain pemerintah setempat yang meningkatkan kewaspadaan, Jepang juga waspada akan tsunami yang datang.

Melansir laman Kyoto News, badan cuaca Jepang telah memperingatkan tsunami dapat tiba di pulau Miyako dan Yaeyama di Prefektur Okinawa sekitar pukul 14.30 waktu setempat, setelah letusan Gunung Semeru.

Peringatan tersebut diumumkan oleh pemerintah Jepang, karena belajar dari tsunami yang timbul akibat meletusnya Gunung Honga Tonga di kepulauan Pasifik Selatan pada 15 Januari 2022. Saat itu, letusan menyebabkan tsunami setinggi 1,2 meter di kawasan Jepang dan Amerika Serikat.

Baca juga: Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

Pakar Vulkanologi ITB Dr. Eng. Mirzam Abdurrachman menjelaskan, "Jepang adalah negara yang sangat hati-hati dan waspada terhadap bencana. Mereka pernah punya pengalaman tsunami yang tidak terantisipasi dengan baik. Sejak itu mereka terus belajar dan mempersiapkan mitigasi sebaik mungkin," mengutip Detik.

Meski demikian, Mirzam juga memaparkan bahwa letusan Gunung Semeru tidak mungkin menyebabkan tsunami karena letaknya di darat. Tsunami bisa terjadi apabila gunung bawah laut yang meletus, seperti Honga Tonga dan Krakatau.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)