home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Balik Cerita Drama 'Reborn Rich' yang Mirip Sejarah Konglomerat Samsung dan Hyundai

Rabu, 14 Desember 2022 12:00 by muthiasp | 1859 hits
Di Balik Cerita Drama 'Reborn Rich' yang Mirip Sejarah Konglomerat Samsung dan Hyundai
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Drama JTBC 'Reborn Rich' telah dinobatkan sebagai drama paling populer akhir tahun 2022 ini. Drama tersebut rupanya sedikit banyak menggambarkan tentang potret keluarga konglomerat Korea Selatan, khususnya Samsung dan Hyundai.

Diadaptasi dari novel web dengan judul yang sama, 'Reborn Rich' telah memasukkan beberapa kisah ikonik tentang pemimpin konglomerat dan kerajaan bisnis mereka yang luas, serta sejarah modern bangsa.

Melansir laman Korea Herald, penulis asli web novel yang menggunakan nama pena Sankyung ini mengaku sangat terinspirasi oleh grup konglomerat papan atas seperti Samsung dan Hyundai Motor saat menulis ceritanya.

Apa saja kesamaannya?

1. Samsung

Dalam drama 'Reborn Rich', Jin Yang Chul (Lee Sang Min), pendiri dan ketua Grup Sunyang memutuskan untuk membeli perusahaan semikonduktor yang bertentangan dengan keinginan keluarga. Hal itu mengingatkan pada taruhan berani Samsung Group untuk mengakuisisi perusahaan semikonduktor pada tahun 1970-an.

Almarhum pendiri dan mantan ketua Samsung Group, Lee Byung Chul, dan putranya, almarhum Lee Kun Hee yang menggantikan kepemimpinan, membeli Hankook Semiconductor ketika Samsung hanya mampu membuat sirkuit terintegrasi sederhana yang digunakan pada jam tangan dan televisi hitam putih.

Tetapi seperti yang diingat oleh seorang pembantu dekat Lee Kun Hee, mantan ketua tersebut memiliki mata yang tajam untuk membujuk ayahnya untuk memasuki industri semikonduktor. Dan Lee benar.

Baca juga: 'Reborn Rich' dan 'Extraordinary Attorney Woo' Dinominasikan untuk International Emmy Awards

Dalam 10 tahun, Samsung menjadi yang pertama di dunia yang mengembangkan DRAM 64 megabit pada tahun 1992, mengalahkan para pesaingnya di Jepang dan Amerika Serikat. Sekarang, Samsung telah berkembang menjadi pembangkit tenaga listrik semikonduktor global, dan pemimpin pasar dalam chip memori.

Didukung oleh keberhasilannya dalam bisnis chip, Samsung, yang memulai sebagai perusahaan angkutan truk pada tahun 1938, tumbuh untuk mengembangkan bisnisnya antara lain di bidang elektronik, telepon pintar, asuransi, rumah sakit, hotel mewah, dan pembuatan kapal.

2. Hyundai

Cerita dimana Grup Sunyang terobsesi mengembangkan Sunyang Motors mengingatkan pada sejarah awal berkembangnya bisnis otomotif Hyundai. Serta persaingan Hyundai dengan Samsung dalam bisnis otomotif di tahun 1990an.

Samsung dianggap gagal dalam bisnis otomotif yang membuat Hyundai Motor Group, yang didirikan oleh mendiang pendiri Chung Ju Yung, mengakuisisi Kia Motors pada tahun 1998. Hyundai pun tumbuh menjadi produsen mobil nomor satu di negara itu dan mendominasi lebih dari 80 persen pasar domestik.

3. Kesamaan Karakter Jin Yang Chul dan Lee Byung Chul

Jin Yang Chul yang membangun Grup Sunyang sebagai sopir truk menunjukkan kecintaannya kepada koleksi mobil. Lee Byung Chul juga disebut-sebut sebagai penggila mobil yang akan bersembunyi di garasi pribadinya selama berjam-jam untuk mempelajari mobil yang dibuat oleh pembuat mobil asing.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)