home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dikejar Waktu, Seperti Ini Kondisi Luluh Lantak Gempa Turki-Suriah yang Renggut 3.500 Jiwa

Selasa, 07 Februari 2023 15:13 by reinasoebisono | 769 hits
Dikejar Waktu, Seperti Ini Kondisi Luluh Lantak Gempa Turki-Suriah yang Renggut 3.500 Jiwa
Image source: BBC

DREAMERS.ID - Tidak disangka dan tidak terbayangkan jika musibah bencana alam gempa bumi yang mengguncang Turki dan Suriah akhirnya menyebabkan sedikitnya 3.500 orang meninggal dunia. Tepatnya di wilayah Turki Selatan dan Suriah Utara, gempa mematikan itu sebesar 7.8 SR di dekat Kota Gaziantep, Turki pada Senin dini hari.

Kondisi masyarakat sedang terlelap menyebabkan sulitnya kewaspadaan terjaga dan warga melarikan diri. Yang memperburuk kondisi adalah terjadi gempa lagi yang disebut pejabat setempat ‘bukanlah gempa susulan’ sebesar Magnitudo 7.5 SR  sekitar pukul 13.30 waktu setempat.

Di gempa pertama, badan penanggulangan bencana Turki melaporkan ada 2.300 orang meninggal di Turki dan 14.000 orang terluka. Sementara terdapat 1.400 orang meninggal dunia dari Suriah yang dilaporkan.

Tim penyelamat disebut diburu dan dikejar waktu untuk menyelamatkan para korban yang diperkirakan masih banyak tertimbun di bawah reruntuhan bangunan. Informasi masih terus dipantau untuk mengetahui dampak dari gempa kedua yang terjadi di Provinsi Kahramanmaras, Turki.


Image source: BBC

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Kondisi mengerikan masih terjadi di seluruh area reruntuhan. Cuaca hujan, dingin serta gempa susulan masih menghantui dan mempersulit proses evakuasi. Warga yang berlarian pada saat gempa dini hari masih takut untuk kembali ke kediamannya walaupun untuk sekedar mengambil baju atau sepatu, melansir Detik,

"Mereka masih mencoba menyelamatkan para korban, tapi sekarang sangat dingin dan bersalju. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, jadi kami hanya bisa menunggu," kata seorang warga Malatya, Ozgul Konacki.


Image source: BBC

"Beberapa orang ingin kembali ke rumah karena terlalu dingin, tapi kemudian ada gempa susulan dan mereka ke luar lagi." katanya lagi.

Salju setebal 3-5cm diperkirakan akan turun, sementara di bagian utara Turki, hujan salju akan lebih lebat. Setidaknya 2.800 bangunan diperkirakan hancur karena gempa pertama, yang berarti ribuan orang tidak akan punya tempat berlindung.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)