home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dispatch Ungkit Lee Soo Man Pernah Jadi Buronan Interpol Atas Kasus Penggelapan Dana

Jumat, 17 Februari 2023 12:00 by muthiasp | 1463 hits
Dispatch Ungkit Lee Soo Man Pernah Jadi Buronan Interpol Atas Kasus Penggelapan Dana
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pada 17 Februari, Dispatch mengeluarkan laporan eksklusif terkait konflik internal SM Entertainment dan Lee Soo Man. Mereka mengungkit kembali kasus penggelapan yang didakwakan kepada Lee Soo Man hingga menjadi buronan interpol.

SM Entertainment hanya memiliki modal 50 juta KRW saat bersiap untuk IPO (penawaran umum perdana) di KOSDAQ pada tahun 1999. Sementara syarat untuk masuk bursa saham adalah dengan memiliki modal lebih dari 1 miliar KRW.

Lee Soo Man kemudian menggunakan cara mengambil sekitar 900 juta KRW dari dana SM Entertainment, dan sekitar 250 juta KRW dari SM Enterprise untuk membayar saham baru, sehingga "menambah" modal yang dimiliki SM Entertainment dengan dananya sendiri.

Langkah itu disebut sebagai pembayaran terselubung untuk menipu investor. "Dia mengeluarkan uang dari perusahaan dan memasukkannya kembali, menghasilkan nol bersih. Ini adalah tindakan menipu investor seolah-olah perusahaan menarik investasi. Ini pada dasarnya penipuan," kata pejabat bursa saham.

Pada Januari 2003, Lee Soo Man masuk dalam daftar buronan Interpol. Dia kembali ke Korea secara sukarela pada Mei 2003 dan diinterogasi oleh jaksa. Lee Soo Man dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman percobaan tiga tahun dengan dua tahun penjara jika dia melanggar masa percobaan.

Keputusan Pengadilan menyatakan, "Lee Soo Man menggelapkan 1,15 miliar KRW dana perusahaan dan menggunakannya untuk membeli saham di perusahaan. Dia pura-pura membayar saham tanpa bukti benar-benar menggunakan modal tetapi dilaporkan seolah-olah total modal perusahaan meningkat."

Baca juga: Dispatch Bagikan Detail Timeline Hubungan Hyeri, Ryu Jun Yeol dan Han So Hee

"Karena sifat kejahatan yang serius, hukuman yang sesuai dengan beratnya kejahatan tidak dapat dihindari."

Menurut keterangan seorang anonim yang disebut "pelindung" Lee Soo Man, ia tidak bertindak sendirian, "Lee Soo Man bukan satu-satunya yang mengambil uang dari perusahaan. Dia tidak melakukan ini sendiri."

"Diputuskan pada pertemuan antara eksekutif perusahaan dan Lee Soo Man mengambil alih kekuasaan. Juga, dia membayar kembali jumlah itu segera."

Sementara seorang mantan eksekutif SM berkata, "Dia (LSM) menggunakan modal palsu untuk membayar saham agar perusahaan bisa go public. Tidak ada persetujuan dari dewan direksi karena tidak ada rapat dewan untuk membahas masalah ini."

"Catatan nomor rapat dibuat dengan tergesa-gesa di kantor pengacara. Semuanya dilakukan di bawah arahan Lee Soo Man. Saat penyelidikan dimulai, Lee Soo Man buru-buru mengembalikan sisa uangnya."

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Acara NO.624 : NICHKHUN FAN MEETING IN JAKARTA pada Sabtu (27/4) malam di Balai Sarbini diisi dengan berbagai konten menarik yang menghidupkan interaksi Nichkhun 2PM dengan penggemar....
  • HOT !
    BTS akan membuka pop up store bertajuk 'MONOCHROME' di berbagai negara untuk merayakan anniversary debut mereka yang ke 11!...
  • HOT !
    B.I sebelumnya telah dikonfirmasi akan menggelar konser B.I 2024 Tour “HYPE UP” in Jakarta pada 15 Juni mendatang di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)