home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bagaimana Isu Konser BLACKPINK Menjadi Salah Satu Faktor Pengunduran Diri Kepala Paspampres Korsel

Jumat, 31 Maret 2023 12:00 by reinasoebisono | 1014 hits
Bagaimana Isu Konser BLACKPINK Menjadi Salah Satu Faktor Pengunduran Diri Kepala Paspampres Korsel
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Dalam sekejap, rumor konser atau jadwal kegiatan BLACKPINK menjadi salah satu alasan pengunduran diri Kepala Paspampres Korea Selatan, Kim Sung Han menjadi isu besar dan jadi pembicaraan dunia internasional.

Pasalnya, hal ini dikaitkan dengan permintaan Ibu Negara Amerika Serikat agar BLACKPINK hadir di salah satu acara kenegaraan yang juga dihadiri oleh Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol.

Hal ini jadi pemberitaan karena Presiden Yoon Suk Yeol mengumumkan penggantian Kim Sung Han secara de facto sebagai Direktur Kantor Keamanan Nasional pada hari Rabu kemarin, Ketika kurang dari sebulan kunjungan kenegaraan akan dilakukan ke Amerika Serikat yang bertepatan dengan peringatan 70 tahun aliansi Korea Selatan-Amerika Serikat.

Bagaimana tidak, penggantian penasehat keamanan nasional dilakukan sebelum acara diplomatik berskala besar diprediksi akan memberikan dampak yang cukup besar. Karena tanpa masyarakat awam tahu, persiapan keamanan sangat penting dan biasa dilakukan jauh hari sebelumnya.

Kim Sung Han mengumumkan pengunduran dirinya pada Rabu dengan mengatakan, "Saya harap kontroversi yang saya alami tidak lagi menimbulkan masalah bagi diplomasi dan pemerintahan." Kata Kim, melansir Hani.co.kr.

Kurang dari satu jam pengunduran diri tersebut, Presiden Yoon mengumumkan pengganti Kim sung Han dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Amerika Serikat yang kini tengah menjabat, yaitu Cho Tae Yong. Seorang pejabat senior di kantor kepresidenan mengatakan jika Presiden Yoon berusaha menghentikannya, tetapi Tuan Kim bersikeras pada pendiriannya.

Menurut beberapa sumber, Presiden Yoon mendapati adanya kelalaian dalam urusan luar negeri dan laporan dari tim keamanan nasional tentang kunjungannya ke Amerika nantinya sekitar tanggal 9 Maret lalu. Kala itu, Kim Sung Han tengah mengatur kunjungan lima hari Presiden Yoon sebagai tamu negara AS.

Baca juga: Biaya Perpanjangan Kontrak BLACKPINK dengan YGE Ditaksir Mencapai Ratusan Miliar

Kantor Keamanan Nasional Korsel menerima proposal AS untuk menghadirkan BLACKPINK dan Lady Gaga dalam jadwal Yoon di Washington. Memang bukan karena kesalahan BLACKPINK, namun disinyalir karena BLACKPINK berhalangan hadir karena jadwal tur BORN PINK yang padat, anggota staf Kantor Keamanan Nasional berulang kali gagal melaporkan masalah tersebut dan menimbulkan ketidakpercayaan baik dari Presiden Yoon maupun pihak AS.

Dari informasi yang didapat, kehadiran BLACKPINK adalah permintaan dari Ibu Negara AS, Jill Biden seingga kelalaian ini menimbulkan hal yang kurang mengenakkan. Sebelumnya, pihak YG Entertainment memang mengatakan telah mendapatkan undangan untuk hadir di acara kenegaraan AS.

"BLACKPINK mendapatkan undangan untuk tampil bersama Lady Gaga di acara makan malam antara Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol," ujar pihak YG Entertainment via laman Detik. "Saat ini kami sedang mempertimbangan penawaran tersebut,"

Tidak hanya masalah tersebut, disinyalir ada masalah lain yang menyebabkan pengunduran diri Kim Sung Han. Tentang berantakannya Kantor Keamanan Nasional serta masalah acara yang akan dihadiri Ibu Negara Korsel, Kim Keon Hee.

"Presiden Yoon baru-baru ini menelepon Kim Sung-han di atas karpet tentang betapa berantakannya Kantor Keamanan Nasional," kata seorang pejabat senior di kantor kepresidenan kepada Hankyoreh.

Beberapa analis mengatakan penggantian mendadak ini mungkin juga ada hubungannya dengan perselisihan antara Kim Sung-han dan Kim Tae-hyo, wakil direktur pertama Kantor Keamanan Nasional – yang bukan rahasia di kalangan diplomatik.

Kedua tokoh dilaporkan sangat terpecah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hubungan Korea Selatan-Jepang, termasuk pengumuman 6 Maret tentang solusi bagi para korban mobilisasi kerja paksa dan agenda KTT Korea Selatan-Jepang. Banyak orang di dalam dan di sekitar kantor kepresidenan menyatakan bahwa Kim Tae-hyo adalah orang yang lebih unggul daripada Kim Sung-han.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)