home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa Penjelasan Semburan Api Misterius Di Rest Area Tol Cipali KM 86?

Kamis, 27 April 2023 19:13 by reinasoebisono | 1101 hits
Apa Penjelasan Semburan Api Misterius Di Rest Area Tol Cipali KM 86?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Hingga berita ini ditulis, semburan api masih menyala di rest area Tol Cipali KM 86 pada hari ini, Kamis (27/4). Pengelola jalan tol mengatakan masih berusaha melakukan pemadaman api yang berkobar itu.

Sebelumnya, sempat ada dugaan jika semburan api terjadi karena galian sumur bor baru. Namun hal itu dibantah oleh Direktur Operasional ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo. Menurutnya, proses pemadaman pun telah dilakukan sejak Rabu (26/4) kemarin.

"Kami tidak pernah melakukan penggalian sumur bor baru di rest area KM 86 B Tol Cipali," katanya. "Sebelumnya kami melaksanakan pemasangan pipa penyambung sebagai upaya meningkatkan kapasitas pompa submersible untuk meningkatkan layanan rest area KM 86 B,"

Ia mengatakan jika semburan api tersebut berasal dari sumur bor eksisting atau sumur yang memang sudah ada dan biasa digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari di reat area tersebut. Agung juga memastikan tidak ada ledakan dalam peristiwa tersebut.

Hingga kini api masih menyembur dan belum bisa dipadamkan, namun area tersebut bagian depannya telah ditutup oleh pagar perisai spandex sebagai penghalau agar tidak terkena semburan api dan untuk meminimalkan dampak yang mungkin terjadi.

"Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para tenant, pengunjung dan masyarakat atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami terus melakukan upaya pemadaman semburan api di lokasi dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," demikian pernyataan ASTRA Tol Cipali.

Melanjuti hal tersebut, melansir Liputan6, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan jika semburan api yang keluar dari sumur bor tersebut bukan berasal dari pipa Pertamina, namun dari kebocoran gas permukaan.

"Dugaan sementara penyebabnya adalah bukan dari pipa Pertamina, melainkan karena adanya kebocoran atau rembesan gas yang keluar dari permukaan di daerah itu," ujar Iwan Sukma Penyelidik Bumi dari Pusat Survei Geologi (PSG) dalam sebuah keterangan pada Kamis (27/4).

Meski tim Badan Geologi telah diterjunkan untuk menyelidikinya, namun menurut Iwan semburan api tersebut adalah fenomena geologi yang umum terjadi karena wilayah bagian utara Jawa Barat adalah wilayah yang memiliki produksi minyak cukkup besar.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)