home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bantah Klaim Pengacara EXO-CBX, SM Bongkar Tarif Bayaran Hingga Keabsahan Kontrak

Jumat, 02 Juni 2023 12:57 by muthiasp | 339 hits
Bantah Klaim Pengacara EXO-CBX, SM Bongkar Tarif Bayaran Hingga Keabsahan Kontrak
Image source: SM Entertainment

DREAMERS.ID - SM Entertainment telah membagikan pernyataan resmi yang menyangkal klaim dari perwakilan hukum Baekhyun, Xiumin, dan Chen terkait alasan pemutusan kontrak ketiga anggota EXO tersebut.

"Pertama-tama, EXO adalah artis yang sangat kami hargai. Hasilnya, kami meningkatkan tarif bayaran artis dua kali lipat bahkan selama periode ketika kontrak eksklusif mereka masih berlaku," kata SM.

SM Entertainment menjelaskan bahwa mereka melakukan pembayaran dengan sistem di mana para artis dapat memeriksa dasar pembayaran kapan saja, dan tidak ada permasalahan ini selama bertahun-tahun.

"Bahkan saat mendiskusikan kontrak baru dengan para artis ketika kontrak mereka yang ada berakhir, ketiga artis tersebut Byun Baek Hyun, Kim Jong Dae, dan Kim Min Seok semuanya menandatangani kontrak eksklusif baru yang sah setelah melakukan negosiasi yang saling menguntungkan, dan tidak ada masalah dengan aspek penyelesaian dalam kontrak tersebut," jelas SM.

Klaim berbeda yang disampaikan oleh perwakilan hukum EXO-CBX mengejutkan SM Entertainment. Agensi menghormati pendapat artis, tetapi meminta jaminan untuk tidak menandatangani kontrak tambahan yang akan melanggar kontrak eksklusif mereka.

Namun pengacara EXO-CBX, yang awalnya meminta SM menandatangani perjanjian, mengubah sikap mereka, mengakhiri negosiasi untuk perjanjian tersebut dan secara sepihak memberi tahu SM tentang pemutusan kontrak mereka tanpa penjelasan apakah ada kontrak ganda.

SM Entertainment kemudian memaparkan dua poin utama yang menjadi alasan pemutusan kontrak Baekhyun, Xiumin, dan Chen.

1. Transparansi proses pembayaran

- Pembayaran dilakukan setiap bulan, laporan pembayaran tersedia untuk dilihat kapan saja.

- Artis tidak mengangkat masalah tentang pembayaran.

Baca juga: Taemin SHINee Secara Pribadi Ungkap Rencana Pindah Agensi

- Meskipun laporan pembayaran tersedia untuk dilihat kapan saja, mereka meminta salinan untuk tujuan yang berbeda dan digunakan sebagai alasan pemutusan kontrak.

Untuk itu, SM Entertainment mengklaim adanya pihak luar yang menghasut artisnya untuk mengabaikan kontrak eksklusif. Bocornya laporan pembayaran kepada pihak eksternal dapat membahayakan anggota EXO lainnya.

SM menyatakan, "Oleh karena itu, kami meminta konfirmasi tentang apakah kontrak ganda ditandatangani atau tidak antara artis dan pihak eksternal, tetapi perwakilan hukum artis tidak memberikan tanggapan apa pun mengenai hal ini dan langsung mengirimkan pemberitahuan resmi tentang pemutusan kontrak."

2. Legitimasi dan validitas kontrak eksklusif yang ada dan yang baru

- Kontrak berdasarkan Formulir Kontrak Eksklusif Standar untuk Penghibur yang diberlakukan dan direkomendasikan oleh Komisi Perdagangan yang Adil dan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata.

- Validitas dan legitimasi jangka waktu kontrak telah diakui oleh Mahkamah Agung.

- Dalam hal kontrak eksklusif baru ditandatangani pada tanggal 30 Desember 2022, itu adalah kontrak yang diselesaikan setelah membahas persyaratan secara rinci dengan pengacara dari hukum besar perusahaan yang ditunjuk oleh anggota sendiri sejak April 2022.

Namun perwakilan hukum yang baru ditunjuk artis tiba-tiba mengubah posisi mereka dan bersikeras bahwa mereka tidak dapat menerima bahwa kontrak eksklusif baru itu sah, yang membuat SM berspekulasi bahwa apa yang SM informasikan itu benar.

SM menutup pernyataan dengan menyatakan, "Tujuan terbesar kami adalah untuk melindungi EXO dan penggemar mereka yang menunjukkan cinta dan dukungan tak terbatas untuk EXO dan untuk melindungi semua artis agensi kami."

"Untuk tujuan ini, kami akan mengambil tindakan keras terhadap kekuatan eksternal yang mencoba menipu artis dengan godaan keuangan yang tidak masuk akal, sanjungan, dan rumor tak berdasar untuk meruntuhkan tim itu sendiri. Terima kasih."

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)