home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap, Inilah 10 Nama Perusahaan dan 'Sultan' Yang Turut Investasi Rp 20 T Di IKN

Jumat, 22 September 2023 14:47 by reinasoebisono | 396 hits
Terungkap, Inilah 10 Nama Perusahaan dan 'Sultan' Yang Turut Investasi Rp 20 T Di IKN
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Akhirnya terungkap siapa saja yang menjadi investor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bisa dibilang mereka bukanlah nama-nama asing di Indonesia. Hal ini diungkapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo Ketika memberikan sambutan groundbreaking Hotel Nusantara di IKN, Kamis (21/9).

Terdapat 10 perusahaan Indonesia yang tergabung dalam konsorsium pimpinan Bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan yang berinvestasi Rp 20 triliun.

"Yang saya hormati para investor yang tergabung dalam konsorsium dari grup Agung Sedayu (Agung Sedayu Group), Indofood (bagian dari Salim Group), Sinarmas, Pulauintan, Adaro, Barito Pacific, Astra, Mulia Group, dan Kawan Lama Group," sapa Jokowi.

Terpantau Jokowi sebenarnya melewatkan satu perusahaan lain yaitu Alfamart Group yang tergabung dalam konsorsium. Namun ia secara langsung menyapa Djoko Susanto selaku bos Alfamart Group.

"Pak Aguan (Bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma), Pak Franky (Bos Sinarmas Group Franky Wijaya), Pak Prajogo (Bos Barito Pacific Prajogo Pangestu), Pak Eka Tjandranegara (Bos Mulia Group), Pak Pui (Bos Pulauintan Pui Sudarto), Pak Boy Thohir (Bos Adaro), Pak Kuncoro Wibowo (Bos Kawan Lama Group), Pak Djoko Susanto (Bos Alfamart Group), dan yang lain yang tidak bisa saya sebut satu per satu," sapa Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berterima kasih atas investasi yang dilakukan Aguan dan Perusahaan lainnya di IKN. Menurutnya, kucuran uang dari para miliarder tersebut membuka mata banyak orang jika berinvestasi di IKN memang sepadan. Jokowi juga memahami jika kedatangan dan investasi konsorsium tidak secara cuma-cuma, tapi memang ada maksud keuntungan pula di situ.

"Tidak mungkin beliau mau mulai dengan Rp20 triliun kalau tidak ada cuan, dipikir beliau-beliau ini lembaga sosial? Bukan. Mereka datang menanamkan modalnya pasti mencari keuntungan sebesar-besarnya. Itu wajar," jelas Jokowi.

Jokowi juga mengatakan jika sudah ada sejumlah pengusaha asing yang melirik untuk ke IKN dan menyatakan keseriusannya. Ia merinci ada 30 calon investor dari Korea Selatan, 40 dari Jepang dan 120 lainnya adalah konglomerat asal Singapura. Berikut adalah rincian investornya:

10 Investor Hadir di Groundbreaking Hotel Nusantara IKN:

1. Agung Sedayu Group

2. Indofood

3. Sinarmas

4. Pulauintan

5. Adaro

6. Barito Pacific

7. Astra

8. Mulia Group

9. Kawan Lama Group

10. Alfamart Group

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)