home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Jembatan Kaca yang Pecah di Banyumas dan Tewaskan 1 Orang Ternyata Tidak Punya Uji Kelaikan!

Kamis, 26 Oktober 2023 14:53 by reinasoebisono | 317 hits
Duh, Jembatan Kaca yang Pecah di Banyumas dan Tewaskan 1 Orang Ternyata Tidak Punya Uji Kelaikan!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kabar duka datang dari lokasi wisata The Geong, Banyumas. Jembatan kaca yang disebut mengadaptasi jembatan kaca viral dari Cina merenggut satu korban karena kaca pijaknya pecah sehingga wisatawan terjatuh ke dasar jurang.

Jembatan kaca tersebut memiliki tinggi 15 meter di Hutan Pinus Limpakuwus, Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (24/10) sekitar pukul 10.00 WIB.

Melansir Republika, ternyata lokasi wisata ini sudah banyak dikeluhkan pengunjung soal keamanan konstruksinya. Hal ini juga dikatakan oleh Ketua Koperasi Hutan Pinus Limpakuwus Eko Purnomo menjelaskan bahwa meskipun berada di areal yang sama, wahana The Geong tidak berada dalam pengelolaan pihak koperasi.

"Di situ kami menemukan ada komen di medsos, terkait kurang safety, kontruksinya kurang (aman)," ujar Eko.

Seharusnya seperti objek wisata lain di wilayah tersebut, pihak koperasi rutin melakukan evaluasi manajemen dan manajemen risiko setelah libur lebaran. Evaluasi ini juga termasuk berdasarkan komentar pengunjung di media sosial. Sayangnya, pihak pengelola wahana The Geong tidak memenuhi undangan evaluasi tersebut dan hanya mengirimkan perwakilan, bukan pemiliknya yang hadir langsung.

Fakta baru juga muncul dan diketahui jika jembatan kaca tersebut belum melalui uji kelaikan. Lokasi wisata ini juga disebut minim informasi tertulis tentang keselamatan bagi para pengunjung.

"Jembatan ini tidak ada uji kelaikan dari pihak terkait. Lalu kata pemilik usaha ini dibangun bersama karyawan," kata Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Agus Supriyadi, dilansir detikJateng, Kamis (27/10). "Kita dapati tidak ada sistem pengamanan memadai yang tertulis yang menjadi petunjuk bagi pengunjung pada saat masuk,"

Olah TKP juga masih dilakukan oleh tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng yang memeriksa kelaikan konstruksi jembatan kaca. Hasil pemeriksaan ini nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam menentukan tersangka.

"Yang dicek adalah kelaikan kaca yang digunakan. Baik dari jenis, ukurannya atau klasifikasinya. Ini nantinya sebagai acuan dalam menentukan adanya tersangka," jelasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)