home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kacamata Bionik Untuk Tunanetra

Jumat, 15 Februari 2013 17:20 by greiscya | 11498 hits
Kacamata Bionik Untuk Tunanetra
tempointeraktif

Perkembangan sains dan teknologi diharapkan bermanfaat untuk masyarakat. Kali ini para peneliti dari Universitas Oxford, Inggris tengah mengembangkan sebuah kacamata yang kedepannya dapat membantu tunanetra untuk melihat.

Kacamata Bionik diciptakan untuk mereka yang tidak bisa melihat atau buta. Kacamata ini rencananya akan dilengkapi dengan kamera kecil dan komputer pocket yang dapat memberitahukan kepada para pemakainya, apakah ada orang atau benda di depannya.

Seperti umumnya kacamata, desain kacamata bionik ini terdiri dari dua lensa dan dilengkapi dengan gagang. Tetapi di bagian depan gagang kacamata ini tersembunyi sebuah kamera yang berfungsi untuk menandai orang atau benda di hadapan si pemakainya.
 
Sementara itu, kacamata bionik ini memiliki cara kerja yang sederhana. Ketika ada benda atau orang didepan, maka informasi akan langsung dikirimkan pada komputer kecil seukuran ponsel, yang disembunyikan di dalam saku. Informasi tersebut di terjemahkan melalui titik-titik yang beragam.
 
Ada juga layar LED yang ada di dalam lensa akan menyala dan memberikan informasi kepada pemakai jika ada benda di depannya. Melalui earphone yang digunakannya di telinga.
 
Pemakai akan bisa melihat nomer bus yang akan ditumpanginya maupun informasi keberangkatan dan kedatangan kereta di papan, dengan bantuan analisis komputer. Bahkan si pemakai juga bisa melihat jumlah uang di mesin kasir atau bank.
 
"Sangat menyenangkan bisa memproduksi alat ini. Dengan harga yang terjangkau, masyarakat bisa merasakan manfaatnya," tutur Dr Stephen Hicks, salah satu tim peneliti.
 
Rencananya, kacamata bionik ini akan dilepas ke pasaran pada 2014 mendatang, dengan harga kurang dari 1.000 pounsterling (Rp 13 juta).

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)