home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bagaimana Agar Tak Mabuk Diperjalanan?

Senin, 17 Desember 2012 23:00 by wahyu | 2963 hits
Bagaimana Agar Tak Mabuk Diperjalanan?
taufiqif.wordpress.com

Berwisata keluar kota tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun beberapa orang banyak yang mengalami pusing, mual, dan muntah ketika berkendaraan. Gejala mabuk perjalanan ini disebabkan oleh kacaunya sistem saraf yang mendeteksi gerakan tubuh.

Saat tubuh bergerak alami, sistem saraf akan terkoordinasi dengan baik. Tetapi ketika tubuh kita bergerak menggunakan kendaraan, maka sistem saraf mengirim pesan yang bertentangan ke otak.

Baca juga: Yuk Simak Tips Menikmati Hutan Kota Seoul yang Asri nan Indah

Jika kondisi seperti ini tentu perjalanan jadi menyebalkan. Mabuk perjalanan  tentunya mengganggu kenikmatan berwisata. Namun bagi kamu yang beresiko dengan gejala ini, maka ada cara sederhana untuk mencegahnya.

Perhatikan asupan makanan
kamu  harus mengkonsumsi makanan dalam jumlah cukup sebelum berangkat. Tetapi hindari menyantap makanan besar karena perut yang penuh membuat gampang mual dan muntah. Minuman beralkohol serta makanan yang berbumbu keras sebaiknya juga dihindari karena bisa menyebabkan gangguan lambung.

Nikmati pemandangan
Selain membuat lebih santai, menikmati pemandangan dari jendela kendaraan akan mengirim sinyal ke otak bahwa tubuh sedang bergerak. Fokuskan pandangan pada objek-objek yang jauh untuk mengurangi pesan simpang-siur yang terkirim ke otak dari lingkungan. Jika memungkinkan, buka jendela kendaraan sehingga hembusan angin bisa menerpa wajah. Dengan cara ini, saraf-saraf di kulit akan menerima pesan bahwa tubuh sedang bergerak.

Pilih bagian yang paling stabil
Posisi tempat duduk yang banyak mengalami goncangan membuat kita gampang mabuk. Kalau Anda naik mobil atau bus, hindari kursi-kursi di bagian belakang karena posisi ini sering mengalami goncangan keras. Saat naik pesawat terbang, cobalah pilih tempat duduk yang berada di dekat sayap pesawat karena bagian ini paling stabil. Sedangkan untuk kapal laut, dek-dek di bagian atas adalah bagian yang paling sedikit merasakan goncangan gelombang laut.

Pilih kursi yang menghadap ke depan
Orang yang gampang mabuk akan langsung pusing jika posisi tempat duduknya berlawanan arah dengan laju kendaraan. Kereta api adalah alat transportasi yang paling banyak memiliki tempat duduk dengan posisi seperti ini. Saat membeli tiket kereta, usahakan pilih tempat duduk yang menghadap ke depan supaya tubuh lebih nyaman.

Minum obat antimabuk
Meminum obat antimabuk bisa mengurangi rasa mual dan pusing. Tapi harus berhati-hati karena obat antimabuk yang beredar biasanya menyebabkan kantuk. Karena itu, jangan coba-coba meminum obat antimabuk saat kamu harus menyetir kendaraan. Saat naik kendaraan umum, sebaiknya juga membatasi konsumsi obat membuat kurang waspada terhadap ancaman kejahatan.

Kunyah permen jahe atau mint
Cara ini adalah alternatif yang paling tepat kalau tidak mau meminum obat. Permen beraroma jahe atau mint bisa mengurangi mual dan mencegah muntah. Selain itu, juga bisa mengonsumsi tablet dan minuman jahe instan yang saat ini mudah ditemukan di pasaran.

Gerakkan tubuh
Otot yang kaku membuat Anda lebih mudah terkena gejala mabuk perjalanan. Cobalah lakukan senam ringan di kursi untuk meregangkan otot-otot yang kaku. Kamu bisa menundukkan badan sampai kepala menyentuh lutut. Gerakan ini bisa membuat darah mengalir ke kepala sehingga mengurangi pusing.

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)