home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocah 9 Tahun Temukan Fosil Manusia Purba

Minggu, 21 April 2013 01:00 by miko | 6644 hits
Bocah 9 Tahun Temukan Fosil Manusia Purba
blog.essayweb.net

Jika biasanya fosil purba ditemukan oleh seorang peneliti. Namun Matthew Berger merupakan bocah 9 tahun yang menemukan tulang fosil manusia purba, Australopithecus sediba. Sedangkan ayahnya Lee Berger merupakan paleontolog membenarkan anaknya menemukan fosil yang hidup 2 juta tahun lalu.

Dilansir dari Newscientist, pada 2008 silam, Matthew yang berusia 9 tahun menemukan tulang bahu dan rahang yang tertanam dalam sebuah batu Australopithecus sediba diyakini merupakan nenek moyang paling awal manusia.

Kabarnya, arkeolog telah menemukan lebih banyak fosil manusia purba dalam beberapa tahun terakhir. Australopithecus sediba ditemukan di gua Malapa, sebelah barat laut Johannesburg, Afrika Selatan.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Fosil 'Monster' Laut, Peneliti: Seperti Buaya Super Besar!

Sementara itu, Wikipedia menerangkan, Australopithecus sediba diketahui setidaknya dari empat kerangka tak lengkap yang ditemukan di Situs Fosil Malapa, Afrika Selatan. Fosil-fosil itu antara lain satu manusia purba berjenis pria (MH1, holotipe), satu wanita dewasa (MH2), serta sedikitnya satu orang dewasa lainnya dan bayi diduga berusia 18 bulan.

Australopithecus sediba dipercaya hidup di padang rumput, manusia purba ini pemakan buah dan makanan lain dari hutan. Untuk perilaku manusia purba ini mirip dengan simpanse sabana. Lebih dari 220 fragmen fosil manusia purba telah ditemukan oleh arkeolog. Penamaan sediba berarti 'mata air alami' atau 'sumur', yang diambil dari bahasa Sotho, Afrika Selatan.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)