home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Nokia : Selamat Tinggal Symbian

Kamis, 13 Juni 2013 15:30 by miko | 3056 hits
Nokia : Selamat Tinggal Symbian
dailymobile.net

DREAMERSRADIO.COM - Nokia seperti benar-benar hidup kembali. Setelah dua tahun menggunakan sistem operasi Windows garapan Microsoft, Kini secara resmi Nokia telah mengucapkan selamat tinggal pada Symbian dan mulai menebus pasar smartphone dengan sistem operasi Windows.

Sementara itu, perangkat terakhir yang menggunakan OS mobile tersebut telah selesai di produksi dan akan dikapalkan pada pertengahan tahun ini. Nokia akan tetap menjual perangkat Symbian di pasar negara berkembang, tetapi hal itu hanya dilakukan sampai stok yang tersisa habis.

Sementara itu, berita tentang berakhirnya Symbian Nokia dalam pasar ponsel sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Sistem operasi yang sempat menjadi platform mobile terpopuler ini terus-menerus mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada  kuartal pertama 2013, Nokia hanya mengirimkan 500.000 unit perangkat Symbian. Nokia 808 PureView yang dirilis pada pertengahan 2012, sekaligus menjadi smartphone Symbian terakhir yang diperkenalkan perusahaan ini, pun gagal mendongkrak penjualan.

Baca juga: Korea Selatan Ciptakan Robot 'Mata Ketiga' Untuk Pecandu Smartphone

“Diperlukan 22 bulan untuk mengembangkan sebuah perangkat Symbian, sementara Windows Phone hanya memakan waktu kurang dari setahun,” ungkap seorang juru bicara Nokia pada Financial Times.

Nokia kini mengandalkan Windows Phone 8 sebagai platform smartphone Lumia miliknya untuk bersaing dengan kompetitor seperti Android dan Apple yang menguasai pasaran.

Adapun seri ponsel Asha dari produsen asal Finlandia masih tetap menggunakan sistem operasi Series 40 (S40). Platform tersebut kini telah diperbarui menjadi new Asha lewat produk Nokia Asha 501 yang diluncurkan pada awal Mei lalu.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)