home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Remehkan Manfaat Cuci Tangan

Kamis, 20 Juni 2013 16:30 by miko | 2947 hits
Jangan Remehkan Manfaat Cuci Tangan
homefoodsafety.org

DREAMERSRADIO.COM - Cuci tangan sepertinya menjadi kegiatan yang tak terlalu penting bagi kebanyakan masyarakat. Namun banyak orang yang jatuh sakit karena tak memperdulikan kebiasaan cuci tangan. Bahkan dalam sebuah penelitian cuci tangan memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Sebuah hasil penelitian dalam Journal of Environmental Health. Dijelaskannya bahwa hanya lima orang yang mencuci tangan mereka cukup lama untuk membunuh kuman penyebab penyakit infeksi setelah dari kamar mandi.

Peneliti pun mengamati belasan mahasiswa untuk melihat kebiasaan pergi ke kamar mandi, khususnya dalam mencuci tangan. Hasilnya ditemukan 15 % pria yang tak melakukan cuci tangan sama sekali, dan 50 % dari mereka tak menggunakan sabun.

 Peneliti mengobservasi belasan mahasiswa untuk melihat kebiasaan pergi ke kamar mandi, khususnya untuk mencuci tangan. Ditemukan 15 persen pria tak mencuci tangan mereka sama sekali, dan 50 persen dari mereka tak menggunakan sabun.

Baca juga: Dapat Menularkan COVID-19, 7 Benda Ini Harus Lebih Diperhatikan

“Mencuci tangan dengan sabun ialah salah satu agar terhindar penyakit, seperti diare, gangguan pencernaan, flu-batuk dan lain lain. Pasalnya makanan yang mengandung banyak bakteri dan penyakit sering berasal dari kamar mandi. Di mana hal itu bila dibiarkan membuka jalan penyakit masuk ke dalam tubuh, dan akhirnya membuat Anda sakit,” ungkap Elaine Larson, Ph.D., profesor epidemiologi di Columbia University.

Larson menganjurkan, upayakanlah mulai dari sekarang untuk mencuci tangan setelah masuk ke kamar mandi. Sebuah penelitian terbaru dalam Journal of Environmental Research and Public Health menemukan, saat seseorang mencuci tangannya dengan sabun dan air menghilangkan 92 persen organisme (penyebab penyakit infeksi) di tangan. Selain itu, bila berkumur dengan air maka dapat menghapuskan 77 persen bakteri dan virus.

Sementara itu untuk hasil terbaik dalam mencuci tangan, setidaknya 15 detik dengan sabun dan air pada ujung jari cukup menghapus organisme dalam tangan.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)