home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Jumlah Gigi Tentukan Kemampuan Otak

Rabu, 26 Juni 2013 19:19 by miko | 8111 hits
Ternyata Jumlah Gigi Tentukan Kemampuan Otak
formulaoralcare.com

DREAMERSRADIO.COM - Kemampuan otak ternyata berhubungan dengan jumlah gigi yang ada. Baru-baru ini sebuah penelitian terbaru melaporkan bahwa gigi ompong merupakan penyebab dari penurunan memori otak. Hal tersebut karena rangsangan sensorik selalu diumpan ke otak.

Sensorik yang dilakukan gerakan rahang dan gigi diumpankan ke area otak yang membentuk dan mengambil kenangan. Mereka yang memiliki sedikit gigi menghasilkan lebih sedikit sinyal untuk dikirim ke wilayah otak yang disebut hippocampus.

Menariknya dari penelitian ini, jumlah gigi dikaitkan dengan kinerja seseorang pada tes memori episodic. Dimana mereka harus mengingat peristiwa pada masa lalu, dan memori semantic, yang melibatkan informasi faktual.

Baca juga: Wah, Akan Ada Provinsi Baru di Indonesia?

Dilansir dari Dailymail, penelitian yang terbitkan oleh European Journal of  Sciences Oral tersebut melibatkan 273 peserta berusia 55 tahun hingga 80 tahun, dan dilakukan oleh universitas-universitas di Norwegia dan Swedia.

Rata-rata jumlah gigi alami setiap peserta adalah 22-10, lebih sedikit dari jumlah gigi penuh normal, yakni 32. Terlebih, lebih dari 70 persen peserta tidak memiliki gigi geraham. Peserta studi kemudian diminta menjalani serangkaian tes memori.

“Sejalan dengan hipotesis yang dikatakan sebelumnya bahwa jumlah gigi alami sangat berkaitan dengan kinerja memori episodik,” tulis para ilmuwan dari Umea University dan Universitas Stockholm di Swedia, dan Institut Clinical Dentistry di Tromsx, Norwegia.

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)