home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Rumah Ini Terbuat Dari 30.000 Botol Bekas!

Kamis, 04 Juli 2013 18:40 by nessamantha | 9543 hits
Wah, Rumah Ini Terbuat Dari 30.000 Botol Bekas!
urbanindo.com

DREAMERSRADIO.COM - Punya tumpukan botol bekas tapi bingung mau dipakai untuk apa? Seorang arsitek dari Bandung mempunyai ide unik dengan membangun rumah menggunakan botol-botol bekas!

Ridwan Kamil, Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF) memanfaatkan botol-botol bekas untuk membangun rumah. Rumah yang terletak di Cigadung Selatan, Bandung ini mendapat gelar juara dalam Green Design Award 2009 yang diselenggarakan BCI Asia (Building Construction Information Asia).

Ide untuk membuat rumah dari botol minuman berenergi ini berawal dari pengamatannya ketika melihat pekerja bangunan yang mengerjakan rumahnya minum minuman berenergi. Menurutnya, daripada menjadi sampah, lebih baik botol-botol tersebut dimanfaatkan saja. Apalagi warnanya cokelat, senada dengan warna kayu.

Untuk membangun rumahnya yang berdiri di atas tanah seluas 373 meter persegi ini, Ridwan menghabiskan 30.000 botol bekas. Botol-botol bekas yang ia gunakan itu sengaja dipasang di tempat yang dilalui sinar matahari dengan tujuan agar bisa menangkap dan membiarkan sinar matahari tembus ke dalam rumah.
 

Dengan dinding yang terbuat dari kaca, sinar matahari menjadi lebih mudah masuk sehingga tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari. Selain ramah lingungan, pemanfaatan botol bekas ini juga menjadikan rumah ini hemat energi dan mengurangi pemanasan global.

Unik sekali ya, Dreamers!

(nes)

Baca juga: Punya Rumah Mungil Jadi Tren Baru Pasangan Muda Korea Selatan

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)