home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rusia Miliki Bangunan Tertinggi dari Kayu

Minggu, 14 Juli 2013 01:00 by miko | 2182 hits
Rusia Miliki Bangunan Tertinggi dari Kayu
britannica.com

DREAMERSRADIO.COM - Bangunan pencakar langit memang telah banyak dimiliki setiap negara. Namun Rusia memiliki bangunan tertinggi yang berbeda dengan bangunan tinggi modern. Pasalnya bahan yang digunakan adalah kayu yang digunakan untuk membuat bangunan tinggi, salah satunya gereja berusia 150 tahun.

Bangunan kayu tertinggi ini terletak di Pulau Kizhi dekat dengan perbatasan Finlandia. Gereja Ortodoks ini berdiri 37,5 meter. Gereja yang bernama Kizhi Pogost ini mendapat gelasr dunia sebagai bangunan tertinggi yang seluruhnya terbuat dari kayu.

Para jemaat gereja pernah melakukan renovasi namun tetap menggunakan bahan kayu sesuai desain asli. Tak hanya itu, pembangunan gereja ini juga diselesaikan tanpa satupun menggunakan paku atau bahan besi pada 1862 silam.

Baca juga: Diputar Selama 639 Tahun, Ini Musik Terpanjang di Dunia

Dilansir dari Reuters, di sana terdapat 22 kubah pada bagian atap bangunan dan 102 kubah mirip piramida di bagian dalam. Sedangkan tower berisi bel menjadi pusat doa jemaat Kristen Ortodoks layaknya Mekah bagi umat muslim.

Kizhi Pogost sendiri sudah ditetapkan sebagai cagar budaya Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1990. Situs ini dianggap sebagai contoh langka dari desain arsitektur bangunan keagamaan.

Sebenarnya masih ada bangunan dari kayu yang lebih tinggi dari Kizhi Pogost yaitu ATLAS-I (Air Force Weapons Lab Transmission Aircraft Simulator). Bangunan itu berdiri setinggi 182 meter di New Mexico, Amerika Serikat. Namun bangunan era Perang Dingin tersebut menggunakan komponen bebahan metal untuk menyatukan bahan-bahan kayunya.

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)