home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Menghindari Kolesterol Tinggi Saat Berpuasa

Jumat, 26 Juli 2013 14:50 by mayaindrn | 2374 hits
Tips Menghindari Kolesterol Tinggi Saat Berpuasa
kayuagung.com

DREAMERSRADIO.COM - Berpuasa adalah cara detoksifikasi alami yang paling tepat. Dengan berpuasa tubuh dapat mengelola nutrisi dan membuang racun berbahaya dalam tubuh. Pola puasa sehat dengan memperhatikan konsumsi makanan saat sahur dan berbuka menjadi penting.

Biasanya saat waktu berbuka tiba, setelah menahan haus dan lapar selama satu hari penuh cenderung perut ingin balas dendam saat berbuka puasa. Keinginan ini menyebabkan apa yang dimakan tidak terkontrol. Bukan manfaat baik bagi kesehatan yang didapat justru malah naiknya kadar gula darah dan menyebabkan tinggi kolestrol dalam tubuh.

Dikutip dari tempo.co, menurut ahli kesehatan kolesterol merupakan komponen lemak yang ada dalam pembuluh darah. Bila kolesterol tinggi hal ini dapat menyebabkan terjadinya penebalan plak di pembuluh darah  yang dapat memicy kerusakan dinding pembuluh darah. Selain itu kolesterol tinggi juga dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah cara-cara yang dapat dilakukan agar kolesterol tetap terjaga saat berpuasa :

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Saat sahur dan berbuka puasa jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi sayur dan buah. Konsumsi sayur dan buah memiliki banyak manfaat karena kaya akan serat dan nutrisi. Selain mencegah tingginy kolestrol buah dan sayur juga mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Salah satu buah yang baik adalah semangka, selain memiliki kandungan air yang tinggi semangka juga mampu menurunkan kolestrerol karena mengandung buah lezat ini dapat menurunkan tekanan darah melalui kandungan asam amino L-citrulline.

Menghindari makanan berminyak
Untuk menghindari tingginya kolestrol, sebaiknya saat berbuka dan sahur hindari mengkonsumsi gorengan secara berlebihan. Makanan yang mengandung minyak berlebih dapat menyebabkan tingginya kolestrol. Selain itu makanan berminyak juga tidak baik untuk lambung.

Hindari makan manis berlebihan saat berbuka
Berbuka memang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan manis. Tujuannya agar energi tubuh cepat terganti. Makanan atau minuman manis adalah santapan pembuka yang bukan dimaksudkan untuk mengenyangkan. Jadi hindari makan dan minum sesuatu yang manis secara berlebihan yang justru dapat meningkatkan kolesterol dan gula darah.

Berolahraga
Biarpun sedang puasa, olahraga tetap penting dilakukan agar menjaga tubuh tetap sehat dan segar. Olahraga kecil setelah sahur dan berbuka menjaga sistem metabolisme tubuh berfungsi dengan baik. Kerja maksimal metabolisme membantu tubuh membakar lemak dan menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)