home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa Saja Nutrisi Yang Paling Dibutuhkan Remaja?

Senin, 26 Mei 2014 08:15 by mayaindrn | 20618 hits
Apa Saja Nutrisi Yang Paling Dibutuhkan Remaja?
healthyeating.org

DREAMERSRADIO.COM - Masa pubertas yang dialami remaja adalah masa dimana terjadi perubahan hormonal. Perubahan hormonal ini berkaitan dengan pertumbuhan pada masa remaja. Dilansir dari sheknows.com, remaja akan menambah 20% tinggi badannya dan hampir 50% dari berat orang dewasa selama masa remaja. Karena masa inilah remaja membutuhkan banyak nutrisi karena kebutuhan gizinya yang meningkat. Apa sajakah nutrisi yang sangat penting bagi remaja?

Seperti dikutip dari nutrition.com, remaja membutuhkan nutrisi yang sangat penting terutama protein, kalsium, zat besi dan juga zinc. Inilah jenis-jenis nutrisi yang paling dibutuhkan remaja serta takarannya :

Kalori
Remaja lelaki membutuhkan sekitar 2500 hingga 2800 kalori setiao harinya, sedangkan remaja putri membutuhkan kira-kira 2200 kalori per hari. Idealnya kebutuhan kalori tersebut bersumber dari protein, susu rendah lemak, biji-bijan (kacang-kacangan), sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Protein
Remaja membutuhkan protein sebesar 45 hingga 60 gram perhari untuk tumbuh dan membentuk otot. Protein sangat mudah didapat dari berbagai sumber makanan sehat, seperti daging, telur, ikan dan susu. Untuk vegetarian protein bisa didapat dari makanan yang berbahan kacang-kacangan.

Kalsium
Saat masa puber, tubuh membutuhkan banyak kalsium untuk menyimpannya sebagai tabungan untuk membentuk tulang yang kuat saat dewasa. Karena memasuki usia 20 tahun penyerapan asupan kalsium untuk tulang akan berkurang. Remaja membutuhkan asupan kalsium sebesar 1200mg setiap harinya. Asupan kalsium dapat berasal dari susu, sereal, buah dan sayur yang kaya akan kalsium.

Zat besi
Zat besi membantu darah membawa oksigen ke seluruh otot, juga membuat fungsi otak bekerja maksimal dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Remaja laki-laki membutuhkan 12mg asupan zat besi per hari, sedangkan anak perempuan membutuhkan 15mg perhari. Kebutuhan zat besi remaja perempuan lebih besar, hal ini dikarenakan perempuan mengalami menstruasi. Saat menstruasi perempuan membutuhkan zat besi untuk menghindari kurang darah.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)