home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mendengkur Bisa Sebabkan Kegemukan?

Selasa, 20 Agustus 2013 14:17 by mayaindrn | 1945 hits
Mendengkur Bisa Sebabkan Kegemukan?
wordpress.com

DREAMERSRADIO.COM - Saat tidur tanpa sadar ada beberapa orang mempunyai kebiasaan mendengkur. Kebiasaan satu ini digolongkan sebagai salah satu kebiasaan buruk. Selain bisa mengganggu orang disekitar karena suaranya dengkuran yang menjengkelkan, mendengkur juga tidak baik untuk kesehatan. Dan penelitian juga menyebutkan bahwa mendengkur dapat menyebabkan kegemukan.

Seperti dilansir dari geniusbeauty.com, orang banyak mengganggap bahwa mendengkur dikaitkan dengan tidur yang nyenyak. Selain itu aktivitas mendengkur bisa membakar kalori tubuh lebih banyak. Faktanya mendengkur atau sleep apnea ini justru bisa menyebabkan kegemukan. Hal ini disebabkan karena saat mendengkur justru membuat kualitas tidur memburuk. Kualitas tidur yang buruk bisa mengganggu metabolisme tubuh. Saat tidur metabolisme tubuh bekerja lebih baik bila kualitas tidur yang baik.

Peneliti dari University Of California, menyatakan bahwa orang yang mendengkur saat tidur tidak bisa mencapai tidur yang dalam. Saat tidur mendengkur , tubuh mengalami kondisi seperti tercekik. Keadaan seperti ini sebenarnya ia tidak tidur secara pulas, namun tidak terjaga. Hal ini pun berakibat pada penurunan oksigen yang masuk. Sehingga membuat jantung harus bekerja lebih keras.

Keadaan kualitas tidur yang tidak baik ini, bisa menyebabkan seseorang merasa kurang tidur dan mudah lelah di siang hari. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan seseorang untuk makan lebih banyak dan memilih makanan berkabohidrat tinggi saat waku makan.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Selain itu, orang yang kurang tidur normal cenderung memiliki sedikit energi di siang hari dan dengan demikian menyebabkan gaya hidup tidak sehat dan malas berolahraga yang akhirnya bisa mengarah pada kegemukan.

 (mya)

 

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)