home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Teman Ternyata Dapat Pengaruhi Berat Badan Loh!

Selasa, 24 September 2013 10:19 by mayaindrn | 8369 hits
Wah, Teman Ternyata Dapat Pengaruhi Berat Badan Loh!
sheknows.com

DREAMERSRADIO.COM - Senang berkumpul bersama teman dan menghabiskan waktu bersama teman-teman terdekat memang menyenangkan. Ternyata teman tidak hanya mempengaruhi suasana hati seseorang, penelitian yang dilakukan oleh Loyola University Chicago Strich School of Medicine menunjukkan bahwa hubungan pertemanan pun bisa mempengaruhi berat  badan.

Seperti dilansir dari NY Daily News berat  badan dapat naik jika seseorang memiliki teman-teman yang memiliki berat badan lebih darinya ataupun sebaliknya memiliki teman dengan bentuh tubuh yang ideal memacu seseorang untuk menurunkan berat badan. Karena studi menunjukkan bahwa teman bermain secara langsung dapat mempengaruhi berat badan, diet dan juga kebiasaan berolahraga.

Para peneliti dari Loyola University Chicago Stritch School Of Medicine melakukan penelitian terhadap siswa dari dua sekolah selama dua tahun dalam studi Longitudinal Nasional Kesehatan Remaja. Tim peneliti melakukan survey terhadap lingkungan pertemanan, kegiatan olahraga dan waktu bermain komputer serta menghidung indeks massa tubuh masing-masing siswa (BMI).

Hasilnya di terbitkan dalam jurnal Plos One, menemukan bahwa gaya hidup remaja sangat dipengaruhi oleh hubungan pertemanannya. Teman yang mempunyai pengaruh kuat kerap diikuti oleh remaja. Selain itu, hubungan pertemanan memungkinkan seseorang menaikkan berat badan atau menurunnkan berat badan.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Memiliki teman yang senang berbagi membuat asupan makanan dalam tubuh bisa berkurang. Misalnya saat membagi es krim, berbagi es krim dengan teman satu perkumpulan membuat asupan kalori berkurang. Mengajak teman bersepeda bersama menuju sekolah juga merupakan olahraga ringan yang dapat dilakukan.

Hal yang sama juga diungkapkan dalam The New England Journal of Medicine yang diterbitkan pada tahun 2007 bahwa kenaikan berat badan dan penurunan berat badan dapat dipengaruhi oleh lingkungan pertemanan. Kenaikan berat badan dapat menular, bila seseorang mempunyai teman-teman yang lebih gemuk, sebesar 50% remaja ikut mengalami kenaikan berat badan.

Studi juga menunjukkan bahwa remaja putri cenderung akan meniru perilaku makan teman-teman mereka. Mulai dari kebiasaan makan, pola makan, dan cara makan ketika makan bersama di luar untuk terlihat sama.

Nah, Dreamers itulah penjelasan mengapa teman bisa mempengaruhi berat badanmu loh! (mya)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)