home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masa Pubertas pada Remaja Kini Datang Lebih Awal?

Rabu, 06 November 2013 14:00 by miko | 6245 hits
Masa Pubertas pada Remaja Kini Datang Lebih Awal?
healthmango.com

DREAMERSRADIO.COM - Peralihan waktu anak-anak menginjak remaja dikenal dengan nama pubertas, atau ketika masa seseorang mengalami proses pertumbuhan fisik, psikis, dan pematangan organ seksual. Jika biasanya masa pubertas dialami pada umur 13-15 tahun, tapi kini pubertas remaja datang lebih awal.

Dilansir dari Reuters, saat ini remaja cenderung mengalami pubertas pada usia lebih awal atau sekitar 10-12 tahun. Penelitian yang mengambil sampel remaja putrid ini menjelaskan mereka mengalami pubertas seperti tumbuhnya payudara dan menstruasi di usia yang lebih awal.

Peneliti pun memperkirakan hal tersebut disebabkan oleh makanan yang mereka konsumsi. Pasalnya saat ini makanan yang banyak di konsumsi adalah lemak dan zat adiktif. Makanan ini akan memicu pertumbuhan estrogen lebih awal.

Baca juga: Studi: Anak Saat ini Tak Selincah Anak Jaman Dahulu

Akibat dari hal ini adalah para remaja rentan terkena resiko kanker payudara karena tumbuhnya hormon di usia yang dini. Selain itu pertumbuhan ini juga akan mempengaruhi emosi mereka dan mereka menjadi rentan dengan depresi.

Sementara itu, Dr. Andres Juul yang mengepalai sebuah organisasi Department of Growth and Reproduction at Rigshospitalet di Denmark mengatakan bahwa para orang tua dapat mengantisipasinya dengan mengajarkan pendidikan tentang seks kepada anak-anak mereka. Sehingga anak-anak mendapatkan pemahaman yang baik tentang seks.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)