home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

China Rayakan Hari Jomblo Setiap 11 November

Senin, 11 November 2013 23:00 by miko | 5158 hits
China Rayakan Hari Jomblo Setiap 11 November
wantchinatimes.com

DREAMERSRADIO.COM - Jika pada 14 Februari ada hari Valentine dan menjadi hari spesial bagi pasangan. Namun di China memiliki hari spesial sebaliknya. Pasalnya pada 11 November ini menjadi hari muda mudi yang masih melajang menjadi hari spesial yang disebut Guanggun Jie atau hari jomblo.

Dilansir dari Shanghai daily, Guanggun Jie tersebut kini menjadi budaya populer di China. Pada hari jomblo tersebut para muda mudi akan merayakan kehidupan lajang mereka dengan bertemu orang baru dan mencoba peruntungan untuk mendapatkan jodoh.

Tak hanya itu, budaya yang semakin populer ini didasarkan pada tingginya jumlah pria lajang di negeri Tirai Bambu tersebut. Karena itu, pada hari ini mereka berusaha menemukan pasangan dengan mengorganisir pesta atau acara karaoke bersama sehingga bisa bertemu orang baru dan mencoba peruntungan.

Baca juga: Kenapa Prabowo Sudah Berkunjung Ke Cina-Jepang Padahal Belum Resmi Jadi Presiden?

Hari jomblo ini pada awalnya dirayakan pada berbagai universitas di Nanjing pada tahun 1990-an. Setelah diusut ternyata budaya ini memanng berasal dari Universitas Nanjing pada tahun 1993. Kemudian mahasiswa yang lulus membawa budaya tersebut ke dalam masyarakat dan menyebar.

Kini sebagian besar para jomblo di China telah ikut merayakan hari spesial tersebut. Untuk merayakan Hari Jomblo, para lajang di China biasanya menyantap empat Youtiao (atau cahkwe) yang merepresentasikan empat angka 1 pada simbol 11.11 (11 November) dan satu bakpao yang mewakili simbol titik yang memisahkan empat angka 1 sebagai menu sarapan.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)