home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Candi di Thailand ini Dibangun dari Botol Bir!

Selasa, 12 November 2013 11:00 by Dits | 3367 hits
Wah, Candi di Thailand ini Dibangun dari Botol Bir!
tripadvisor

DREAMERSRADIO.COM - Kalau biasanya kita mengenal candi dengan bangunan batu berhiaskan relief – relief dengan nilai seni yang tinggi, kini ada lho candi unik yang hanya dibangun dengan menggunakan botol! Yap, Candi Wat Pa Maha Chedi Kaew di Sisaket, Thailand ini memang sangat berbeda.

Candi unik ini dibangun dari botol bir daur ulang. Botol-botol tersebut berfungsi untuk membuat dinding, atap, tangga, serta pilar-pilar candi. Saat ini Candi Wat Pa Maha Chedi Kaew dikenal wisatawan dengan nama Wat Lan Kuad atau Candi Sejuta Botol.

Wat Lan Kuad didirikan pada tahun 1984, oleh sekelompok biksu yang sedang melakukan permainan unik yaitu meletakkan 100 botol bir pada dinding. Selama tiga dekade yang lalu, seorang biksu merasa jenuh dengan sampah-sampah botol yang mengotori daerah sekitar candi.

Baca juga: Ada Pusat Aloe Vera, Ini Lho Tempat Wisata 'Kekinian' di Pontianak!

Kemudian biksu tersebut mendapat inspirasi untuk mendesain ulang candi dengan sampah botol yang berserakan, melihat aksinya tersebut, tak sedikit dari biksu lainnya yang juga membantunya mendekor ulang candi.

Dominasi warna hijau dan cokelat candi yang terlhat diketahui hasil dari warna botol 'Heineken'. Bir tersebut adalah bir favorit di Thailand. Sebelumnya para biksu mulai membuat kuil utama, kemudian membangun krematorium, menara air, tempat tidur dan toilet.

Ngga hanya botolnya saja yang berguna, tutupnya pun mampu menciptakan bentuk mosaik Buddha yang unik dan indah. Dari sekian banyak botol yang digunakan untuk membangun candi, cuma patung Buddha yang ngga terbuat dari botol bir daur ulang, hal itu dilakukan demi menghormati Buddha. 

Diketahui, bahwa sampai detik ini candi masih dalam tahap pembangunan, hampir semua biksu terus mengumpulkan sampah botol bir untuk merancang candi tersebut. Biksu-biksu ini melakukannya dengan tulus. Mereka pun percaya, bahwa usaha mereka yang ramah lingkungan ini akan membuka pintu menuju ke nirwana.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)